Jual Beli Jabatan

Soal Uang Rp 600 Juta di Laci Menag, Gugus Waskito: Tanya Pak Menteri

publicanews - berita politik & hukumStafsus Kemenag Gugus Joko Waskito usai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jumat (12/4), dalam kasus dugaan jual beli jabatan. (Foto: Publicanews/Hartati)
PUBLICANEWS, Jakarta - Keluar dari ruang pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Staf Ahli Menter Agama Gugus Joko Waskito menolak menjawab soal uang sekitar Rp 600 juta di laci meja kerja Menteri Lukman Hakim Saifuddin.

Gugus mengaku soal uang yang ditemukan penyidik dalam penggeledahan ruang kerja Lukman beberapa waktu lalu tidak masuk dalam materi pertanyaan.

"Enggak paham saya, enggak tahu saya. Tanya pak Menteri, wong saya enggak tahu," kata Gugus, Jumat (12/4).

Uang total Rp 600 juta itu terdiri atas Rp 180 juta dan 30 ribu dolar AS. Jubir KPK Febri Diansyah dalam keterangannya, pada 21 Maret lalu, memastikan duit tersebut terkait perkara jual beli jabatan yang menjerat mantan Ketua Umum PPP Romahurmuziy (Rommy).

Namun Guhus mengatakan, ia menjawab 10 pertanyaan penyidik KPK, yang sebgaian besar mengenai tugas pokok dan fungsinya sebagai staf ahli menteri.

"Ya tugas pokok dan fungsi stafsus, hanya sekitar itu, sama dengan teman teman saya (satf khusus) yang kemarin," ujar Gugus. Selebihnya ia mempersilakan awak media untuk mengkonfirmasi kepada penyidik.

Dalam kasis ini KPK menduga telah terjadi kerja sama antara pihak-pihak tertentu untuk tetap meloloskan Haris Hasanuddin sebagai Kakanwil Kemenag Jatim, meskipun sebelumnya ia dikabarkan tidak lolos seleksi.

Rommy, anggota Komisi XI DPR yang tak ada urusan dengan jabatan di Kemenag, diduga memperdagangkan pengaruhnya untuk membantu lolosnya Haris dan Muhammad Muafaq Wirahadi menjadi Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gresik. Total uang suap yang diterima Rommy adalah Rp 300 juta.

Menurut Wakil Ketua KPK Laode M Syarif, Haris mendatangi rumah Rommy di Condet, Jakarta Timur, dan menyerahkan uang Rp 250 juta pada 6 Februari 2019.

Saat OTT di Hotel Bumi, Surabaya, Muafaq, Haris, dan calon anggota DPRD Kabupaten Gresik dari PPP Abdul Wahab menemui Rommy untuk menyerahkan uang Rp 50 juta terkait kepentingan jabatan‎ Muafaq. (han)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top