Jual Beli Kemenag

Sekjen Kemenag Tinggalkan Gedung KPK Pukul 3 Dini Hari

publicanews - berita politik & hukumSekjen Kementerian Agama Nur Kholis Setiawan. (Foto: Istimewa)
PUBLICANEWS, Jakarta - Status hukum Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan Romahurmuziy dan kawan-kawan akan diumumkan pada konferensi pers pukul 11.00 WIB, Sabtu (16/3).

Gus Rommy, begitu Romahurmuziy biasa disapa, dicokok KPK pada Jumat (15/3) pagi di Surabaya, Jawa Timur. Ia diamankan bersama lima orang lainnya, mereka dari unsur pejabat Kemenag di daerah, staf DPR, dan swasta.

"Terkait dengan perkara, sebelum 24 jam berakhir pagi ini, KPK telah menentukan status hukum perkara dan orang-orang yang diamankan kemarin. Hasil dan barang bukti akan kami sampaikan pada konferensi pers," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah melalui keterangan tertulisnya, Sabtu (16/3).

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Kemenag Nur Kholis Setiawan yang datang ke Gedung KPK pada Jumat (15/3) pukul 20.00 WIB, telah meninggalkan Gedung KPK. Nur Kholis menyambangi KPK untuk memberikan klarifikasi soal ruangannya disegel tim KPK setelah digeledah.

Selain ruang kerja Sekjen, KPK juga menutup ruangan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

"Setelah klarifikasi selesai sekitar pukul 3 dini hari, yang bersangkutan telah meninggalkan gedung KPK," ujar Febri.

Saat OTT kemarin, KPK turut mengamankan uang seratusan juta dalam bentuk pecahan rupiah. Uang tersebut diduga terkait jual beli jabatan di Kemenag, baik tingkat pusat maupun daerah. KPK menduga transaksi yang melibatkan Rommy ini berlangsung untuk kesekian kali.

"Saya belum terima laporan lengkap, tapi yang dilaporkan sementara berapa (kali). Tapi yang perlu dicatat, itu bukan pemberian yang pertama karena sebelumnya juga yang bersangkutan pernah memberikan," kata Ketua KPK Agus Rahardjo kemarin. (han)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top