Agus: Bukan Sekali Ini Rommy Terima Jual Beli Jabatan di Kemenag

publicanews - berita politik & hukumKetua KPK Agus Rahardjo. (Foto: Publicanews/dok)
PUBLICANEWS, Jakarta - KPK kabarnya telah lama menyelidiki dugaan ada transaksi dalam pengisian jabatan di Kementerian Agama. Jual beli jabatan itu melibatkan Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Romahurmuziy atau Rommy.

Operasi tangkap tangan (OTT) pagi tadi merupakan pengembangan dari penyelidikan KPK selama ini.

"Sudah lama. Sudah lama," kata Ketua KPK Agus Rahardjo di Gedung ACLC, kantor KPK lama, kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (15/3) sore.

Namun, Agus menambahkan, penyelidikan kasus di Kementerian yang dipimpin Lukman Hakim Saifuddin ini tidak sampai memakan waktu hingga satu tahun. Agus mengatakan, setelah mendapat laporan dari masyarakat, KPK menindaklanjutinya dengan proses verifikasi dan pemeriksaan hingga akhirnya menemukan alat bukti permulaan yang cukup.

Agus menjelaskan, dari proses indentifikasi sementara, KPK menemukan adanya dugaan transaksi atau jual beli jabatan yang melibatkan Rommy. "Tidak hanya terjadi sekali saja," ujarnya.

"Saya belum terima laporan lengkap, tapi yang dilaporkan sementara berapa (kali). Tapi yang perlu dicatat, itu bukan pemberian yang pertama karena sebelumnya juga yang bersangkutan pernah memberikan," kata Agus.

Saat ini tim Satgas KPK tengah membawa Rommy dan empat orang lainnya yang diamankan dalam OTT pagi tadi ke Jakarta. Tim KPK akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut di Gedung KPK Merah Putih, Jakarta Selatan.

"Tim KPK sedang dalam perjalanan dari Surabaya ke Jakarta melalui jalur udara," kata Jubir KPK Febri Diansyah.

Setelah terkena OTT, enam orang (bukan lima sebagaimana ditulis terdahulu) tersebut kemdian diperiksa di Mapolda Jatim. Sayangnya, Febri tak merinci identitas dan peran orang tersebut.

"Tadi rencana akan dibawa 6 orang ke kantor KPK untuk proses lebih lanjut," Febri menandaskan. (han)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top