Mantan Anggota DPR Amin Santono Dieksekusi ke Lapas Sukamiskin

publicanews - berita politik & hukumTiga terpidana kasus suap Dana Perimbangan Keuangan Daerah pada APBN-P 2018 dieksekusi ke Lapas Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat. (Foto: Humas KPK)
PUBLICANEWS, Jakarta - Mantan anggota Komisi XI DPR Amin Santono dieksekusi penahanannya ke Lapas Sukamiskin Bandung, Jawa Barat. Amin adalah terpidana kasis suap Dana Perimbangan Keuangan Daerah pada APBN-P 2018.

Bersamaan dengan Amin, KPK juga memindahkan penahanan tiga terpidana lainnya dalam kasus sama. Mereka adalah Kepala Seksi Pengembangan Pendanaan Kawasan Perumahan dan Pemukiman pada Ditjen Perimbangan Keuangan Kemenkeu Yaya Purnomo dan perantara suap Eka Kamaluddin.

"Yang bersangkutan menjalani pidana penjara di Lapas Kelas I Sukamiskin," ujar Jubir KPK Febri Diansyah dalam keterangan tertulisnya, Rabu (13/3).

Hari ini, Jaksa Eksekutor KPK total memindahkan empat terpidana kasus korupsi ke Bandung. Satu lagi adalah Sekretaris Dinas PUPR Pemkab Cirebon Gatot Rachmanto. Ia terpidana kasus suap Bupati nonaktif Cirebon Sunjaya Purwadisastra.

"KPK telah melakukan eksekusi terhadap 4 orang setelah putusan pengadilan berkekuatan hukum tetap," Febri menambahkan.

Gatot Rachmanto dimasukkan ke Rutan Bandung. Berdasarkan putusan Pengadilan Tipikor andung Gatot dijatuhi vonis 1 tahun 2 bulan

Febri mengatakan, Eka Kamaluddin telah membayar denda Rp 158 juta sesuai putusan Pengadilan Tipikor Jakarta. Uang ini akan disetor ke kas negara sebagai bagian dari upaya pemulihan aset atau asset recovery. (han)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top