Suap Proyek Bencana

13 Pejabat Kementerian PUPR Kembalikan Uang Rp 3 Miliar

publicanews - berita politik & hukumDirektur Utama PT WKE Budi Suharto dibawa dnegan kursi roda seusai periksaan di Gedung KPK, Jakarta. (Foto: Publicanews/dok)
PUBLICANEWS, Jakarta - Tiga belas pejabat pejabat Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengembalikan uang sebesar Rp 3 miliar.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan ke-13 pejabat tersebut merupakan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) pada proyek-proyek SPAM di Kementerian PUPR.

"Dalam minggu ini 13 orang PPK pada proyek-proyek SPAM di Kempupera telah mengembalikan uang ke Penyidik sejumlah Rp 3 miliar," kata Febri melalui keterangan tertulisnya, Jumat (8/2).

Atas pengembalian uang tersebut, Febri mengatakan komisi antirasuah menghargai. Kendati demikian, hal tersebut tidak lantas menghilangkan tindak pidana yang dilakukan.

"Kami hargai sikap koperatif tersebut, sekaligus KPK mengingatkan pada pihak lain yang telah menerima uang sebelumnya agar mengembalikan dalam proses hukum ini. Hal tersebut pasti akan dihargai secara hukum sebagai faktor yang meringankan," ujar Febri.

Diketahui, KPK telah mengidentifikasi sekitar 20 proyek air minum KemenPUPR yang terindikasi diwarnai praktik suap. Sebagian besar proyek tersebut dimenangkan oleh PT Wijaya Kusuma Emindo (WKE) dan PT Tashida Sejahtera Perkasa. (han)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top