Suap Perizinan Meikarta

Sempat Mangkir, James Riady Akhirnya Bersaksi di Pengadilan Tipikor

publicanews - berita politik & hukumCEO Lippo Group James T Riady akhirnya datang menjadi saksi sidang kasus suap perizinan Meikarta di Pengadilan Tipikor Bandung, Jawa Barat, Rabu (6/2). (Foto: Antara)
PUBLICANEWS, Bandung - CEO Lippo Group James Tjahaja Riady (62) akhirnya datang ke Pengadilan Tipikor Bandung setelah dua kali dilakukan pemanggilan oleh Jaksa KPK. Ia menjadi saksi dalam sidang lanjutan kasus suap proyek Meikarta dengan terdakwa anak buahnya, Direktur Operasional Lippo Group Billy Sindoro.

Sidang juga mengadili konsultan Lippo Henry Jasmen P Sihotang , Fitradjaja Purnama, dan staf Lippo Taryudi. Mereka adalah para penyuap Bupati nonaktif Bekasi Neneng Hasanah Yasin dan enam pejabat Pemkab Bekasi lainnya dalam perizinan Meikarta.

James datang ke Pengadilan Tipikor Bandung mengenakan setelan jas hitam dan kemeja putih. Ketika memasuki Ruang Sidang II Wirjono Prodjodikoro, James sempat duduk di kursi pengunjung.

Jaksa I Wayan Riyana kemudian menyampaikan pada majelis bahwa James telah datang.

"Yang mulia, setelah dua kali pemanggilan saksi, saksi James Riady datang," ujar Jaksa I Wayan Riyana, Rabu (6/2).

Namun karena sidang sedang mendengarkan kesaksian ajudan Billy, yakni Gentar Rahma Pradana, Hakim Ketua Tardi meminta putra taipan Mochtar Riady itu untuk keluar ruangan. Hakim khawatir kehadiran James sebelum waktunya akan mempengaruhi saksi.

"Tolong saksi untuk keluar dahulu," kata Hakim Tardi. Ia kemudian mempersilakan James masuk pada pukul 11.30 WIB.

Pada Rabu (30/1) pekan lalu, James sudah dipanggil sidang, tapi tidak hadir tanpa keterangan. Hari ini pun James menyatakan tidak bisa hadir karena merayakan Imlek, tapi ternyata datang.

"Bahwa hari ini tidak hadir karena merayakan imlek, tapi nyatanya hadir hari ini," ujar Jaksa Riyana.

Selain James, Jaksa juga menghadirkan sejumlah saksi lainnya. Mereka adalah Sekda Jabar Iwa Karniwa, tersangka Kabid Tata Ruang Dinas PUPR Pemkab Bekasi Neneng Rahmi, Anggota DPRD Waras Wasisto, dan Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga Hendry Lincoln.

James disebut-sebut pernah mengadakan pertemuan dengan Bupati Neneng untuk membicarakan soal Meikarta. (ian)

Berita Terkait

Komentar(1)

Login
  1. Anak Gaul @gakasikah06 Februari 2019 | 15:18:28

    Baguslah, biar terang benderang ya pak.

Back to Top