KPK Pertimbangan Panggil Keluarga Anggota DPRD Bekasi

publicanews - berita politik & hukumKomisi Pemberantasan Korupsi. (Foto: Publicanews/dok)
PUBLICANEWS, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi mempertimbangkan memanggil keluarga anggota DPRD Kabupaten Bekasi yang ikut pelesir ke Thailand menggunakan uang panas Meikarta.

"Kalau kita melihat konstruksi perkaranya, tentu kami pertimbangkan ya apakah akan memanggil anggota keluarga yang ikut jalan-jalan ke Thailand tersebut," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (17/1).

KPK, Febri menambahkan, terus mengimbau para anggota DPRD ini bersikap kooperatif dan jujur bila dimintai keterangan. Terlebih bila tindakan tersebut diikuti dengan pengembalian uang kepada KPK.

"Jadi kami ingatkan juga pada para anggota DPRD Bekasi dan saksi lain dalam kasus Meikarta ini untuk bersikap kooperatif dan jujur. Bahkan jika dilakukan pengembalian uang, maka hal itu tentu akan dihargai secara hukum," ujar Febri.

KPK tengah mengusut perubahan tata ruang Kabupaten Bekasi untuk mendalami proses perizinan properti mewah milik Lippo Group tersebut. Seperti diketahui, oleh Pemprov Jawa Barat, Meikarta hanya diizinkan menggunakan lahan 84,6 hektar karena kawasan Cikarang merupakan bagian dari pengembangan Kota Metropolitan.

Namun belakangan, lahan yang digunakan Meikarta mencapai 500 hektar, setelah Pemkab bersama DPRD Kabupaten mengubah tata ruang melalui Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Bekasi Nomor 12 Tahun 2011 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) 2011-2031. Revisi ini disinyalir terkait pengurusan izin proyek Meikarta.

Lalu muncul kabar anggota DPRD bersama keluarganya pelesir ke Thailand dengan biaya dari perusahaan milik James Riady tersebut. Beberapa diantara mereka kemudian mengembalikan uang yang digunakan melancong.

KPK sudah memeriksa Ketua DPRD Kabupaten Bekasi Sunandar serta Wakil Ketua Mustakim dan Haris. Hingga saat ini, KPK telah menerima pengembalikan uang pelesir tersebut total Rp 180 juta. (han)

Berita Terkait

Komentar(1)

Login
  1. Cewek Kepo @ceweKepo18 Januari 2019 | 08:42:20

    Sekalian aja bersih bersih pak. Biar keluarga calon koruptor juga jadi mikir sebelum ada yang korupsi.

Back to Top