Asiong, Penyuap Bupati Labuhanbatu Segera Jalani Sidang

publicanews - berita politik & hukumEffendy Sahputra, tersangka penyuap Bupati Labuhanbatu pangonal Harahap, usai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jumat (14/9). (Foto: Publicanews/Hartati)
PUBLICANEWS, Jakarta - Penyuap Bupati Labuhanbatu, tersangka Effendy Sahputra Alias Asiong, segera disidang. KPK sudah melakukan pelimpahan tahap dua pada Jumat (14/9) ini. Sidang rencananya digelar di Pengadilan Tipikor Medan.

"Hari ini dilakukan penyeraha barang bukti dan tersangka ES dalam kasus dugaan suap terkait proyek-proyek di lingkungan Pemerintah Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara, ke penuntutan (tahap 2)," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah melalui keterangan tertulisnya, Jumat (14/9).

Dalam perampungan berkas perkara, KPK telah meminta keterangan dari sekurangnya 35 orang saksi, antara lain PNS BPKAD Labuhanbatu, mantan Kadis PU Kabupaten Labuanbatu, Pojka 2 Pekerjaan Konstruksi ULP Kabupaten Labuhanbatu, petani, swasta, dan lainnya.

Dalam perkara ini, KPK menetapkan tersangka kepada Bupati Pangonal Harahap dan orang kepercayaannya, yakni Umar Ritonga. Effendy adalah pemeberi suap.

Penyidik KPK menduga Pangonal meminta commitment fee Rp 3 miliar atas proyek-proyek di Pemkab Labuhanbatu yang dikerjakan Effendy melalui PT Binivan Konstruksi Abadi.

Namun Pangonal baru menerima Rp 500 juta karena cek yang ia terima pada Juli 2018, senilai Rp 1, 5 miliar, tidak bisa dicairkan. Uang suap diduga bersumber dari pencairan dana pembayaran proyek pembangunan RSUD Rantau Prapat, Kabupaten Labuhanbatu. (han)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top