Anggota DPR yang Dijemput KPK Eni Saragih?

publicanews - berita politik & hukumAnggota DPR Eni Maulani Saragih (Foto: Istimewa)
PUBLICANEWS, Jakarta - Anggota DPR inisial ES 'dijemput' KPK usai menghadiri ulang tahun putri pertama Menteri Sosial Idrus Marham, Jumat (13/7) sekitar pukul 15.00 WIB.

Sumber Publicanews yang dekat dengan Menteri Idrus mengatakan, yang diamankan KPK adalah Eni Maulani Saragih, anggota Komisi VII DPR dari Fraksi Golkar.

"Infonya firm, pasti," katanya, malam ini. Namun ia belum bisa memastikan detail penangkapan anggota DPR dari Dapil X Jawa Timur itu karena tidak di lokasi kejadian.

"Karena sudah pulang dari rumah Pak Menteri. Tadi dia hadir," sumber yang minta tidak disebutkan namanya itu menambahkan.

Ketua KPK Agus Rahardjo membenarkan adanya OTT tersebut. Namun, ia juga belum bisa mengungkapkan identitas dan kasusnya.

"Ada kegiatan di Jakarta. Tunggu konpres besok," ujar Agus saat dikonfirmasi media, Jumat (13/7) malam.

Kabar yang beredar melalui aplikasi pesan WhatsApp oleh koleganya Maman Abdurrahman, ES (Eni Maulani Saragih) hadir di rumah Idrus pukul 14.00 WIB dan pulang sejam kemudian. Saat itulah ia diamankan petugas KPK.

Maman sekaligus meluruskan bahwa OTT tidak berlangsung di rumah dinas Mensos.

"Untuk lebih jelasnya terkait kasus ES kita bisa menunggu keterangan resmi KPK," ujarnya dalam pesan tersebut.

Sementara itu, Jubir KPK Febri Diansyah menjelaskan, ada sembilan orang yang diamankan KPK. Mereka terdiri dari unsur anggota DPR, staf ahli, supir, dan pihak swasta.

Menurut Febri, penangkapan ini terjadi setelah KPK mendapatkan informasi dari masyarakat yang kemudian dikroscek di lapangan. "Hingga akhirnya ditemukan bukti-bukti telah terjadi transaksi antara swasta dan penyelenggara negara," ia menambahkan.

Barang bukti yang diamankan, ujar Febri, uang Rp 500 juta. "Kami duga terkait dengan tugas di Komisi VII DPR-RI," katanya. (han)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top