Suap Pembahasan APBD

Lagi, Dua Anggota DPRD Sumut Ditahan

publicanews - berita politik & hukumTiaisah Ritonga, anggota DPRD Sumut, ditahan KPK usai pemeriksaan pada Rabu (11/7) (Foto: Publicanews/Hartati)
PUBLICANEWS, Jakarta - Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara Mustowiyah menyusul koleganya, ia ditahan KPK  usai menjalani pemeriksaan, Rabu (11/7).

Tersangka penerima suap pembahasan APBD itu mengenakan rompi tahanan KPK saat keluar lobi Gedung KPK pada pukul 15.59 WIB.

Tampak tenang dan tersenyum, Mustofawiyah mengatakan ia tidak menjalani pemeriksaan karena belum ada penasihat hukum yang mendampingi.

Selang beberapa saat kemudian, menyusul koleganya Tiaisah Ritonga. Berbeda halnya dengan Mustofawiyah, anggota DPRD dari Fraksi Partai Demokrat itu tidak mengeluarkan pernyataan. Ia memilih untuk terus berjalan menuju mobil tahanan yang telah terparkir di depan lobi.

Menurut Kabiro Humas KPK Febri Diansyah mengatakan, mereka merupakan tersangka ke-9 yang resmi ditahan untuk 20 hari pertama.

"MSF ditahan 20 hari pertama di Rutan Polres Jaktim dan TIR ditahan 20 hari pertama di Rutan cabang KPK di belakang kantor KPK Kav K-4," ujar Febri.

Dalam perkara suap ini, KPK telah menetapkan 38 anggota DPRD Sumut sebagai tersangka. KPK menduga mereka menerima suap masing-masing Rp 300 sampai Rp 350 juta dari mantan Gubernur Gatot Pujo Nugroho.

Uang tersebut diduga diberikan Gatot untuk memuluskan seluruh rencana dan program Gatot saat itu. Sebanyak 30 orang pun akhirnya telah melakukan pengembalian ke KPK dengan total Rp 5,4 miliar. (han)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top