Suap Pembelian Pesawat

KPK Periksa Emirsyah Untuk Bro SS

publicanews - berita politik & hukumEmirsyah Satar menuju lantai dua ruang pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Senin (16/4). (Foto: Publicanews/Hartati)
PUBLICANEWS, Jakarta - Sudah lama tidak diperiksa, pagi ini penyidik KPK memanggil mantan Direktur Utama PT Garuda Indonesia Emirsyah Satar. Emirsyah adalah tersangka ksus suap pengadaan 50 unit pesawat Airbus A330-300 untuk Garuda.

Namun, kedatangan Emir hari ini bukan sebagai tersangka, melainkan saksi untuk bos PT Mugi Rekso Abadi (MRA) Soetikno Soedarjo. Bro SS, begitu Tikno biasa dipanggil, adalah tersangka dugaan pemberi suap kepada Emir dalam kapasitas sebagai benefical owner dari Connaught International Pte Ltd, perusahaan yang mewakili Rolls-Royce.

Emir tiba di Gedung KPK mengenakan kemeja biru. Ia langsung menuju lantai dua ruang pemeriksaan.

"Emirsyah S diperiksa sebagai saksi untuk SS ya," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Senin (16/4).

Namun kabarnya Emir juga bakal diperiksa sebagai tersangka. Pada saat bersamaan penyidik juga memanggil Captain Agus Wahjudo. Mantan Executive Project ‚ÄéManager PT Garuda Indonesia itu didatangkan sebagai saksi untuk eks bosnya tersebut.

Dalam kasus ini, penyidik menduga Emir menerima suap dalam bentuk uang dan barang. Duit yang diduga diterima Emirsyah sebesar 1,2 juta euro dan 180 ribu dollar AS.

Selain uang, Emirsyah diduga menerima suap dalam bentuk barang dengan total nilai 2 juta dollar AS. Barang-barang yang terkait dengan dugaan suap itu tersebar di Singapura dan Indonesia. (han)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top