Penyuap Bupati Subang Segera Disidang

publicanews - berita politik & hukum
PUBLICANEWS, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan berkas perkara pemberi suap perizinan di Pemkab Subang, Miftahudin, sudah dinyatakan komplet. Ia bakal segara dilimpahkan ke Pengadilan.

"Dilakukan pelimpahan berkas, barang bukti dan tersangka MTH ke penuntutan tahap 2," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah pada wartawan, Jumat (13/4) malam.

Febri menambahkan, agar proses pengadilan berjalan lancar, maka tersangka dipindahkan penahanannya dari Rutan Cabang KPK ke Lapas kelas 1 Bandung. "Rencana sidang akan di Bandung," ujar Febri.

Miftahhudin diduga memberikan suap kepada Bupati Imas, Asep, dan Data untuk mendapatkan izin prinsip membangunpabrik atau tempat usaha di Subang.

Pemberian suap dilakukan melalui orang-orang dekat Imas yang bertindak sebagai pengumpul dana.

Diduga, Bupati dan dua penerima lainnya telah menerima suap yang total nilainya Rp 1,4 miliar.

Adapun komitmen fee antara perantara suap dengan pengusaha sebesar Rp 4,5 miliar. Sementara komitmen fee antara Imas dengan perantara suap sebesar Rp 1,5 miliar.

Dalam kasus ini, Miftahhudin sebagai pemberi suap disangkakan melanggar Pasal 5 ayat 1 (a) atau (b) atau Pasal 13 Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana diubah dengan UU Nomor 20 tahun 2001 jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP. (han)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top