KPK Tetapkan Empat Tersangka Kasus Suap di PN Tangerang

publicanews - berita politik & hukumBarang bukti uang suap dalam OTT di PN Tangerang dipertunjukkan saat konferensi pers di Gedung KPK. (Foto: Publicanews/Hartati)
PUBLICANEWS, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi menetapkan empat orang tersangka dalam operasi tangkap tangan yang dilakukan pada Senin kemarin.

Empat orang tersebut adalah hakim Pengadilan Negeri (PN) Tangerang Wahyu Widya Nurfitri, panitera pengganti Tuti Atikah serta dua advokat Agus Wiratno dan HM Saipudin.

"Diduga AGS (Agus Wiratno) memberikan hadiah atau janji kepada WWN (Wahyu Widya Nurfitri) selaku ketua majelis hakim dan TA (Tuti Atika) selaku panitera pengganti," ujar Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan saat menggelar konferensi pers di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa (13/3).

Suap itu terkait gugatan perdata perkara wanprestasi dengan pihak tergugat Hj M Cs dengan permohonan agar ahli waris mau menandatangani akta jual beli melalui pemberian pinjaman utang sebelumnya.

Wiwin diduga menerima suap sebesar Rp 30 juta dari Agus dan HM Saipudin, untuk menolak perkara wanprestasi tersebut.

KPK menyebut uang tersebut diserahkan dalam dua tahap, yaitu pada Rabu (7/3) sebanyak Rp 7,5 juta dan Rp 22,5 juta pada Senin (12/3).

Atas perbuatannya, Wiwin dan Tuti sebagai penerima disangkakan melanggar Pasal 12 c atau 11 uu 31/99 55 ayat 1 ke 1 KUHP.

Sementara dua advokat disangkakan melanggar Pasal 6 ayat 1 a atau 13 uu 31/99 55 ayat 1 ke 1 KUHP. (han)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top