KPK Segera Tuntaskan Berkas Kasus TPPU Suami Walkot Tangsel

publicanews - berita politik & hukum Tubagus Chaeri Wardana (Wawan) (Foto: Antara)
PUBLICANEWS, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi akan segera menuntaskan perkara Tindak Pidana Pencucian Uang tersangka Tubagus Chaeri Wardhana alias Wawan, adik dari mantan Gubernur Banten, Ratu Atut Chosiyah.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan, saat ini lembaganya telah merampungkan pemetaan harta kekayaan yang tidak berasal dari kasus korupsi. Kendati demikian, KPK juga masih membutuhkan keterangan para saksi.

"Pemetaan aset sudah hampir selesai tapi kita masih membutuhkan keterangan para saksi-saksi TPPU dengan tersangka TCW (Tubagus Chaeri Wardhana) ini," kata Jubir KPK, Febri Diansyah di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (20/2).

Febri menuturkan kasus TPPU yang menjerat suami Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rahmi Diani telah diusut sejak Januari 2014. Status Wawan sebagai swasta membuat pembuktian dugaan hasil tindak pidana korupsi berbeda dengan penyelenggara negara.

"Kalau penyelengara negara kita bisa buktikan posisi kekayaannya di LHKPN atau informasi-informasi yang sudah tersedia lainnya. Ada karakter yang berbeda kalau tersangkanya pihak swasta," ujar Febri.

Kendati demikian, Febri optimis KPK dapat segera melimpahkan kasus ini agar bisa segera disidangkan.

"Saya sudah cek, koordinasi tim penyidik dengan tim penuntut umum sudah dilakukan. Semoga tidak ada hambatan-hambatanĀ  dan proses yang lebih panjang penanganan perkaranya," ujar Febri.

KPK menetapkanĀ Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan sebagai tersangka kasus dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU).

Kasus ini merupakan hasil pengembangan penyidikan kasus dugaan korupsi yang menjerat Wawan sebelumnya, yakni dugaan korupsi pengadaan alat kesehatan (alkes) di Tangerang Selatan dan Pemerintah Provinsi Banten,. Selain itu juga dugaan suap sengketa pilkada di Lebak, Banten. (han)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top