Berkas Lengkap, Eddy Rumpoko Dibawa ke Surabaya

publicanews - berita politik & hukumWalikota nonaktif Batu Eddy Rumpoko seusai diperiksa KPK, September 2017. (Foto: Antara)
PUBLICANEWS, Jakarta - Berkas perkara Walikota nonaktif Batu Eddy Rumpoko dan Kepala Bagian ULP Pemkot Batu Edi Setiawan dinyatakan lengkap. Keduanya adalah tersangka kasus dugaan menerima suap dalam proyek pengadaan barang dan jasa di lingkungan Pemkot Batu tahun anggaran 2017.

"Hari ini dilakukan penyerahan barang bukti dan dua tersangka TPK suap terkait dengan pengadaan barang dan jasa di lingkungan Pemerintah Kota Batu TA 2017 ke penuntutan (tahap 2)," ujar Jubir KPK Febri Diansyah melalui pesan singkat, Jumat (12/1).

Siang tadi kedua tersangka telah dibawa ke Rutan Kelas 1 Surabaya. Mereka dititipkan sementara sambil menunggu sidang di Pengadilan Tipikor Surabaya.

"ERP dititipkan penahanannya di Lapas Klas IIA Sidoarjo dan EDS dititipkan penahanannya di Lapas Klas 1 Surabaya (Medaeng)," Fenri menambahkan.

Dalam penyelesaian berkas keduanya, penyidik KPK setidaknya telah memeriksa 47 orang saksi. Baik Eddy maupun Edi telah menjalani pemeriksaan sebanyak lima kali pada kurun September hingga Desember 2017.

Eddy Rumpoko diduga menerima suap 10 persen dari proyek pengadaan mebel dengan anggaran Rp 5,26 miliar. Proyek tersebut dikerjakan oleh PT Dailbana Prima. Dalam operasi tangkap tangan (OTT), KPK menyita uang tunai Rp 200 juta. Sebanyak Rp 300 juta lainnya telah diterima Eddy sebelumnya, yang disamarkan sebagai pelunasan pembelian mobil Toyota Alphard.

KPK juga menyita uang tunai Rp 100 juta yang diberikan tersangka pengusaha Filipus Djap kepada Edi Setyawan sebagai panitia pengadaan. Ketiganya kemudian ditetapkan sebagai tersangka.

Filipus sebagai pemberi suap dijerat dengan Pasal 5 Ayat 1 huruf a atau b atau Pasal 13 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 Ayat 1 ke 1 KUHP.

Adapun Eddy Rumpoko dan Eddi Setiawan sebagai penerima diduga melanggar Pasal 12 huruf a atau b atau Pasal 11 UU No 31/1999 tentang Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 Ayat 1 ke 1 KUHP. (han)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top