PDIP Sulut Calonkan untuk Pilpres 2024, Ini Jawaban Puan Maharani

publicanews - berita politik & hukumKetua DPD PDIP Sulut Olly Dondokombey menyampaikan rekomendasi dukungan Puan Maharani sebagai Capres 2024 di Manado, Sulawesi Utara (Sulut), Senin (7/6). (Foto: Istimewa)
PUBLICANEWS, Manado - DPD PDIP Sulawesi Utara merekomendasikan dukungan kepada Ketua DPR Puan Maharani untuk menjadi calon presiden 2024. Rekomendasi itu disampaikan Ketua DPD PDIP Sulut Olly Dondokambey dalam acara tatap muka dengan Puan di Manado, Senin (7/6).

Namun, usai acara penyampaian rekomendasi itu, Puan enggan memberi tanggapan. "Yang saya dengar tidak seperti itu. Namun dalam rakerda akan datang, mendorong calon terbaik dari partai dipersiapkan menuju 2024," ujar Ketua DPP PDIP yang mengenakan busana serba hitam tersebut.

Saat didesak jika terus didorong sebagai capres, Puan mengatakan masih fokus sebagai Ketua DPR. "Saya masih fokus sebagai Ketua DPR. Saya ke sini untuk merapatkan barisan, meluruskan barisan PDI Perjuangan. Kita harus solid, tidak boleh terpecah-belah," ujar Puan.

"Tunggu instruksi dari Ketum (Megawati Soekarnoputri), bahwa eksekutif dan legislatif harus bekerja sesuai dengan posisi masing-masing. Agar partai ini tetap solid," ia menambahkan.

Menurut Olly, yang juga Gubernur Sulut, rekomendasi tersebut berdasar Rakercab. "15 DPC PDI Perjuangan menginginkan Ibu Puan ikut turun, bertarung di pemilihan presiden, untuk jadi pemimpin Republik Indonesia," ujar Olly dalam acara di Hotel Luwansa, Manado, itu.

Tatap muka berisi pengarahan dan pembekalan dari Puan soal tiga pilar. Acara diikuti seluruh pengurus DPD, eksekutif dari PDIP, Fraksi DPRD, dan KSB DPC PDIP se-Sulut. Olly menyampaikan keberhasilan PDIP mendominasi hingga 87 persen dalam Pilkada 2020.

Dukungan juga disampaikan DPRD Kabupaten Minahasa Robby Longkutoy. "Terlepas dari beliau sebagai anak kandung dari Ketua Umum PDIP Megawati Sukarnoputri, Puan Maharani sudah sangat matang di dunia politik, sehingga sangat layak untuk didorong maju pada Pilpres tahun 2024 mendatang," katanya.

Rekomendasi untuk Puan ini merupakan pertama yang disampaikan terbuka oleh DPD PDIP. Meski demikian suara Sulut tergolong kecil dibanding daerah Sulawesi Selatan. Daftar pemilih pada Pemilu 2019 tercatat 1.856.040 dibanding Sulawesi Selatan sebanyak 5.972.161 pemilih. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top