Boyolali

9 Orang Tenggelam di Waduk Kedungombo, Nahkodanya Masih Bocah

publicanews - berita politik & hukumPerahu terbalik di Waduk Kedungombo, Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu (15/5). (Foto: Instagram/@lambe_turah)
PUBLICANEWS, Boyolali - Polisi menemukan fakta bahwa perahu yang terbalik di Waduk Kedungombo, Boyolali, Jawa Tengah, dinahkodai seorang bocah.

"Perahu itu dinahkodai umur 13 tahun," kata Kapolres Boyolali AKBP Morry Ermond kepada wartawan di lokasi olah TKP, Minggu (16/5).

Saat ini polisi tengah melakukan olah TKP untuk mengumpulkan data dan menggali keterangan saksi, termasuk pemilik perahu dan nahkoda.

"Kita belum masuk ke ranah penyidikan, masih mengumpulkan bahan keterangan. Pemeriksaan masih sebatas saksi. Belum ada penetapan tersangka," ujarnya.

Morry menjelaskan, perahu mengangkut 20 pengunjung menuju sebuah rumah makan apung di waduk yang berada di Dukuh Bulu, Desa Wonoharjo, Kecamatan Kemusu, Kabupaten Boyolali.

Pemilik warung apung juga sudah diperiksa. Tim Satreskrim Polres Boyolali dan Unit Perlindungan Perempuan dan Anak sudah tangan.

Menurut Morry, ada dua pelanggaran dalam insiden tersebut. Pertama, perahu mengangkut penumpang melebihi kapasitas. Seharusnya diisi 50 persen dari kapasitas di masa pandemi.

Kedua, pelanggaran protokol keselamatan yakni dinahkodai oleh anak di bawah umur dan tidak ada perlengkapan jaket pelampung.

Perahu wisata tersebut terbalik saat menuju rumah makan apung. Sebanyak 11 orang selamat, sedangkan sembilan lainnya tenggelam.

Perahu terbalik diduga karena banyak penumpang yang maju untuk swafoto. Akibatnya perahu hilang keseimbangan. (imo)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top