Petakan Enam KKB di Papua, Polri Siap Lumpuhkan

publicanews - berita politik & hukumKepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri (Foto: Istimewa)
PUBLICANEWS, Papua - Kapolda Irjen Pol Mathius Fakhiri mengatakan terdapat enam Kelompok Kriminal Bersenjata di Papua. Mereka melakukan aktivitas di daerah Ilaga dan Beoga Kabupaten Puncak, Sugapa Kabupaten Intan Jaya, dan di daerah Nduga.

"Kelompok ini sebetulnya kelompok besar, namun yang aktif selama ini ada enam kelompok," kata Fakhiri, dalam keterangannya, Minggu (2/5).

Mantan Wakapolda Papua ini menegaskan bahwa pimpinan dari KKB tersebut sudah masuk dalam Daftar Pencarian Orang/DPO kepolisian. Mereka memimpin di daerah Lekagak Telenggen, Militer Murib, Sabinus Waker, dan Egianus Kogoya.

Menurut Fakhiri, aparat TNI dan Polri telah dikirim ke Beoga, Kabupaten Puncak, menyusul pembunuhan terhadap dua guru pada awal April lalu. Selain itu, pengamanan juga dilakukan di Ilaga, Kabupaten Puncak.

"Kami akan terus menempatkan perkuatan pengamanan pada dua titik itu sekaligus melakukan penindakan kepada mereka karena tidak boleh lagi ada yang melakukan kekerasan bersenjata maupun kejahatan lainnya," ujarnya.

Ia menegaskan bahwa aparat akan berupaya maksimal menangkap para pentolan KKB yang selama ini menjadi aktor utama di balik serangkaian aksi kekerasan bersenjata di wilayah pegunungan Papua.

"Kami dari kepolisian berusaha maksimal untuk menangkap mereka hidup-hidup agar jaringannya terungkap," katanya.

Namun, ia menegaskan jika mereka melawan, aparat akan melumpuhkan. "Sampai sekarang kami masih terus bekerja," ia menambahkan.

Lulusan Akpol 1990 itu mengatakan ingin tetap memastikan tindakan penegakan hukum dilakukan terhadap kelompok yang melakukan gangguan keamanan di Kabupaten Puncak, Intan Jaya, dan Nduga. (feh)

Berita Terkait

  • Tidak ada berita terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top