Solo

Gibran Kelilling Toko Balikin Duit Pungli Lurah Gajahan

publicanews - berita politik & hukumWalikota Solo Gibran Rakabuming Raka mendatangi pedagang di Coyudan mengembalikan uang pungli Lurah Gajahan. (Foto: Istimewa)
PUBLICANEWS, Solo - Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka turun tangan langsung mengembailikan uang pungutan liar berkedok zakat yang dilakukan Linmas Kelurahan Gajahan, Kecamatan Pasar Kliwon.

Gibran menyampaikan kepada pemilik dan pegawai toko di kawasan pertokoan Coyudan bahwa bila ada yang meminta uang jangan pernah dikasih.

"Yang boleh menarik zakat itu Baznas. Jangan takut, foto saja orangnya, kirim ke saya," kata Gibran sambil menyerahkan kembali selembar pecahan uang Rp 100 ribu, Minggu (2/5).

"Saya dengan Pak Camat mengembalikan uang yang kemarin. Saya mohon maaf," ujar anak sulung Presiden Joko Widodo itu.

Beberapa toko disambangi politikus PDIP itu. Ia menyerahkan kembali pemberian uang sesuai daftar yang bervariasi antara Rp 50 ribu hingga Rp 100 ribu. Ada 145 toko dan bidang usaha yang sebelumnya dipalak aparat kelurahan.

"Memang saya yakin dari pemberi pasti ikhlas, tapi tetap kembalikan semua karena melanggar aturan. Kita ini harus membiasakan yang benar. Jangan membenarkan yang biasa," pemilik usaha martabak itu menegaskan.

Praktik pungli biasa dilakukan menjelang Idul Fitri dengan dalih uang zakat dan sedekah. Hal ini sudah berlangsung 4 tahun .

Gibran merujuk Surat Edaran (SE) KPK Nomor 13 Tahun 2021 tentang Pencegahan Korupsi dan Pengendalian Gratifikasi Hari Raya. Pada poin 4 tertulis larangan meminta dana dengan mengatasnamakan Tunjangan Hari Raya ataupun sebutan lain.

"Tertulis jelas (penarikan dana) shodaqoh, zakat, fitrah itu salah makanya ini langsung kita bebas tugaskan. Nggak mau lama-lama, sudah sangat bikin warga kurang nyaman," Gibran menjelaskan.

Lurah Gajahan berinisial S telah diberhentikan dan akan menjalani pemeriksaan mulai Senin besok. Lurah tersebut diketahui bersama Ketua LPMK Gajahan menerbitkan surat berkop Satlinmas yang isinya meminta sumbangan bermodus zakat dan sedekah yang diedarkan petugas linmas. (feh)

Berita Terkait

Komentar(1)

Login
  1. shes one the @siswandi02 Mei 2021 | 13:11:55

    Kinerja walikota yg bermanfaat bagi masyarakatnya.

    Jangan lihat siapa bapaknya.

    Lihatlah reaksinya.

Back to Top