Depok

Cegah Heboh, Polisi Bongkar Kubur 'Babi Ngepet'

publicanews - berita politik & hukumPolisi bongkar makam babi di Kelurahan Bedahan, Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat, Rabu (28/4). (Foto: Istimewa)
PUBLICANEWS, Depok - Polisi turun tangan menyusul heboh 'babi ngepet' yang dikubur warga di Kelurahan Bedahan, Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat. Galian bangkai hewan yang dipercaya 'babi ngepet' itu pun dibongkar untuk mencegah warga berbondong-bondong mendatangi lokasi makam.

"Sudah dibongkar, saat ini diduga babi ngepet tersebut sudah diamankan Polsek Sawangan," kata Kapolsek Sawangan AKP Rio Mikael Lumban Tobing, Rabu (28/4) petang.

Menurut Rio, kubur hewan tersebut digali sekitar pukul 15.30 WIB. Bangkai babi dikubur secara terpisah antara kepala dan badan. Polisi kemudian membawa bangkai tersebut.

Saat dilakukan pembongkaran petugas sempat mengukur panjang tubuh babi, yaitu 50 cm dengan diameter perut 25 cm. "Ini benar-benar babi, ya," kata petugas kepolisian.

Kabar yang beredar sebelumnya menyebutkan bahwa 'babi ngepet' ditangkap delapan warga pada Selasa (27/4) dini hari. Binatang itu dikabarkan mengalami penyusutan tubuh sejak ditangkap hingga siang hari. Warga pun memutuskan untuk memenggal kepala dan mengubur secara terpisah. Video penangkapan 'babi negpet' viral dengan narasi yang heboh.

Peneliti bidang zoologi dari Pusat Penelitian Biologi LIPI Taufiq Purna Nugraha menegaskan tidak ada 'babi ngepet'. Ia menduga di sekitar Depok masih ada babi liar yang berkeliaran menuju pemukiman penduduk. Taufifq menyebutkan bahwa di sekitar Parung Panjang masih bisa ditemukan babi hutan.

Meski demikian, Taufiq mengaku menghormati kepercayaan masyarakat sekitar. (feh)

Berita Terkait

Komentar(1)

Login
  1. Cewek Kepo @ceweKepo28 April 2021 | 20:41:54

    Aya aya wae.... wkwkwk

Back to Top