Kriminalitas Indramayu

Youtuber Ditangkap Karena Sebar Hoaks Penjarahan dalam Kebakaran Kilang Balongan

publicanews - berita politik & hukumYoutuber SH (32) dan BS (19) diamankan polisi karena sebarkan hoaks penjaran dalam kebakaran kilang minyak Pertamina di Balongan, Indramayu, Jawa Barat, Rabu (31/3). (Foto: radarindramayu)
PUBLICANEWS, Indramayu - Kebakaran di kilang minyak Pertamina di Kecamatan Balongan, Indramayu, Jawa Barat, beberapa hari lalu dimanfaatkan Youtuber mendulang popularitas. Namun, cara yang dilakukan SH (32) dan BS (19) kelewatan.

Youtuber SH yang tercatat sebagai warga Gantar dan wanita BS warga Sukra, justru mengunggah musibah itu dengan menyebarkan hoaks.

Keduanya menyampaikan telah terjadi penjarahan barang-barang warga yang ditinggal mengungsi terkena terdampak kobaran api kilang minyak.

"Awalnya kita profiling, kita dapatkan identitas pengunggah awal, setelah itu kita amankan," kata Kasat Reskrim Polres Indramayu AKP Luthfi Olot Gigantara, Rabu (31/3).

Menurut Luthfi, penjelasan keduanya soal terjadi penjarahan sepeda motor hingga televisi telah meresahkan warga, terutama para pengungsi.

Kanit II Tipidter Sat Reskrim Polres Indramayu Ipda Ardian mengatakan meski sudah membuat pernyataan permintaan maaf tetapi tetap diproses secara hukum.

Keduanya dikenakan Pasal 28 Ayat (2) Jo Pasal 45 Ayat (2) UU RI Nomor 19 Tahun 2016 Perubahan atas UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik. Ancaman hukuman 6 tahun dan denda hingga Rp 1 miliar. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top