TKI Positif Corona B117 Sudah Sembuh, Pulang dari Arab

publicanews - berita politik & hukumJuru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Karawang Fitra Hergyana. (Foto: Antara)
PUBLICANEWS, Jakarta - Penderita varian baru Corona B117 merupakan dua wanita tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Karawang, Jawa Barat, yang pulang dari Arab Saudi. Keduanya tiba di Tanah Air dengan maskapai penerbangan berbeda.

M asal Kecamatan Lemah Abang dan A asal Kecamatan Pedes. M tiba di Bandara Soekarno Hatta pada 28 Januari 2021, sedangkan A tiba pada 31 Januari 2021.

Keduanya menjalani tes swab PCR dengan hasil positif. Kemudian dilakukan isolasi di Pademangan, Jakarta.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Karawang Fitra Hergyana mengatakan, ketika kembali ke Karawang mereka sudah dinyatakan negatif Covid-19.

"Setelah menjalani isolasi, hasil tes swab mereka negatif dan sudah diizinkan pulang ke Karawang," ujar Fitra kepada wartawan, Rabu (3/3).

Fitra tidak menjelaskan berapa lama keduanya menjalani isolasi. Salah satu dari kedua TKI tersebut memang sempat mengalami demam dan batuk tetapi saat ini sudah pulih.

Cegah Varian Covid-19, India Tutup Penerbangan dari Inggris

Setelah menerima kabar temuan kasus Covid-19 B117 kedua TKI, Tim Dinkes Karawang, Dinkes Jabar, dan Kemenkes sudah bergerak cepat.

"Dilakukan penelitian dan mencari informasi terkait varian baru virus tersebut dengan melakukan tracing dan testing kepada keluarga yang bersangkutan," Fitra menjelaskan.

Dinas Kesehatan telah melakukan tracing terhadap 15 orang pada Rabu kemarin. Hasilnya masih menunggu pemeriksaan yang dilakukan Kemenkes dan Balitbangkes.

Fitra mengatakan, keduanya diketahui setelah Kemenkes melakukan whole genome sequencing Balitbang Kemenkes kepada para TKI yang sebelumnya menjalani isolasi di Pademangan, Jakarta.

Varian baru virus Covid-19 yang bermula di Inggris itu dinilai lebih cepat dalam proses penularannya kepada orang lain. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top