Gubernur Anies Sebut Curah Hujan Ekstrem Sebabkan Banjir Jakarta

publicanews - berita politik & hukumGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau Pos Pantau Pintu Air Manggarai, Sabtu (20/2). (Foto: Instagram/upkbadanairdlhdki)
PUBLICANEWS, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan penyebab banjir di Jakarta karena curah hujan ekstrem pada Sabtu dini hari. Ia mengutip data Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMLG) hujan dengab intensitas di atas 150 milimeter

"Kapasitas sistem drainase Jakarta itu berkisar 50-100 milimeter, bila terjadi hujan di atas 100 milimeter per hari maka pasti terjadi genangan," ujar Anies di Pos Pantau Pintu Air Manggarai, Sabtu (20/2).

Berdasarkan catatan BMKG itu curah hujan di Pasar Minggu sampai 226 milimeter, 00 176 milimeter, di Lebak bulus 154 milimeter. "Semua angka di atas 150 adalah kondisi ekstrem," ia menegaskan.

Menurut Anies, Pemprov DKI telah membuat 26 lokasi titik pengungsian. Saat ini telah terisi sekitar 329 keluarga. Termasuk pembangunan, tenda darurat, dapur umum dan lokasi isolasi bagi warga yang terpapar Covid-19.

"Jadi pemprov DKI Jakarta sejak awal sudah bersiaga saat ini seluruh jajaran, tanggap bergerak di setiap lokasi," katanya.

Mengenai upaya mengatasi banjir, Anies menjelaskan semua proses untuk mengalirkan air terus dilakukan, yang kawasan yang rendah kita sudah menerjunkan pompa.

Anies menambahkan DKI Jakarta juga masih dalam status siaga menunggu air kiriman dari hulu, yaitu Bogor dan Depok.

"Air kiriman dari hulu (Bogor) dan kawasan tengah (Depok) sekarang dalam perjalanan nih ke Jakarta. Dalam perjalanannya itu tentu berdampak pada kawasan-kawasan yang ada di sekitarnya," ujar Anies.

Foto-foto kunjungan Anies Pintu Air Manggarai diunggah oleh akun Instagram resmi Unit Pelaksana Kebersihan Badan Air Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta, @upkbadanairdlhdki pagi tadi.

“Beliau pun memberikan pengarahan kepada jajarannya untuk tetap stand by dan sigap dalam menangani sampah,” tulis akun tersebut. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top