Jaksa Tuntut Pembakar Mobil Via Valen 3 Tahun Penjara

publicanews - berita politik & hukumSuasana sidang kasus pembakaran mobil Via Valen di Pengadilan Negeri Sidoarjo, Rabu (20/1). (Foto: faktualnews.com)
PUBLICANEWS, Sidoarjo - Jaksa menuntut terdakwa Pije (41), pelaku pembakaran mobil artis Via Vallen, tiga tahun penjara dalam sidang di Pengadilan Negeri Sidoarjo, Jawa Timur, Rabu (20/1).

Sidang beragenda pembacaan tuntutan itu dilakukan secara daring dimulai pukul 14.30 WIB. Tampak hadir adik kandung Via, Mella Rossa, dalam ruang sidang.

Jaksa Moch Ridwan Dermawan membacakan tuntugan yang meminta majelis hakim menyatakan Pije bersalah telah dengan sengaja menimbulkan ledakan atau kebakaran mobil Alphard bernopol W 1 VV milik Maulidia Oktivia atau Via Vallen. Tindakan pelaku itu melanggar Pasal 187 ayat (1) tentang pembakaran.

Hal-hal yang memberatkan perbuatan terdakwa telah merugikan korban senilai Rp 1 miliar lebih.

"Kami mengajukan tuntutan pidana, setelah mempertimbangkan hal-hal yang memberatkan, mengakibatkan Mauliidia Oktavia atau Via Vallen mobil Toyota Alphard W 1 VV mengalami kerugian Rp 1 niliar dan 6 juta," kata Ridwan dalam ruang sidang.

Terdakwa Pije yang mengikuti sidang secara virtual keberatan atas tuntutan tiga tahun penjara dipotong masa tahanan. "Saya merasa sedikit keberatan Ibu Majelis Hakim," kata Pije dari Lapas Sidoarjo kepada Ketua Majelis Hakim Dameria F Simanjuntak.

Sementara, penasihat hukum Diah meminta waktu satu minggu untuk menyusun pledoi. "Kami sudah mendengar melalui virtual bahwa terdakwa keberatan. Maka saya minta waktu satu minggu untuk menyusun pledoi," ujar Diah di lokasi sidang.

Terpisah, adik Via, Mella, tidak puas dengan tuntutan jaksa yang dianggap terlalu ringan. Menurutnya, tuntutan tersebut tidak sesuai dengan perilaku pembakaran dan membahayakan orang lain.

"Mobil milik Kakak Via itu kan mahal. Selain itu terdakwa ini membakarnya memakai BBM, kan bahaya kalau meledak, kan mengancam nyawa seseorang. Sekali lagi secara pribadi merasa pasrah, mendengar tuntutan yang hanya tiga tahun itu aku merasa lemes," ujar Mella.

Pembakaran mobil Via Vallen terjadi pada 30 Juni 2020 sekitar pukul 03.00 WIB. Mobil diparkir di samping rumahnya di Desa Kalitengah, Kecamatan Tanggulangin, Sidoarjo, Jawa Timur. (imo)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top