Batal ke Kalsel, Mensos Risma Tinjau Warga Terdampak Gunung Semeru

publicanews - berita politik & hukumGunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur mengeluarkan awan panas guguran (APG) dengan jarak luncur kurang lebih 4 kilometer sejak Sabtu (16/1) (Foto: Antara)
PUBLICANEWS, Surabaya - Menteri Sosial Tri Rismaharini (Risma) membatalkan peninjauan korban banjir di Kalimantan Selatan. Risma akan meninjau warga terdampak erupsi Gunung Semeru, Jawa Timur, hari ini.

"Ibu sudah di Surabaya, rencananya ke Semeru," ujar Kepala Bagian Publikasi dan Pemberitaan Biro Humas Kemensos Herman Koswara, Senin (18/1). Mantan Walikota Surabaya itu, ia menambahkan, sudah akan menuju Gunung Semeru.

Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur, mengeluarkan awan panas guguran (APG) dengan jarak luncur kurang lebih 4 kilometer sejak Sabtu (16/1) pukul 17.24 WIB.

Data pos pengamatan Gunung Semeru, sepanjang Minggu kemarin, gunung tertinggi di Pulau Jawa itu meletus 8 kali, guguran satu kali, embusan 7 kali, dan tremor harmonic 5 kali.

Sebanyak lima kecamatan di Kabupaten Lumajang diguyur hujan abu vulkanik setelah gunung yang memiliki ketinggian 3.676 mdpl itu erupsi dan meluncurkan awan panas.

Sejauh ini, tidak ada korban jiwa akibat erupsi tersebut. Status gunung masih pada Level II (Waspada), masyarakat/pengunjung/wisatawan diimbau tidak beraktivitas dalam radius 1 km dari kawah Semeru dan jarak 4 km. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top