Gunung Semeru Meletus, Status Waspada

publicanews - berita politik & hukumGunung Semeru. (Foto: Antara)
PUBLICANEWS, Jakarta - Pasca meletus pada Sabtu (16/1) sore, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan status Gunung Semeru adalah level 2 atau waspada. Gunung tertinggi di Pulau Jawa itu berada di perbatasan Kabupaten Lumajang dan Malang, Jawa Timur.

"Berdasarkan hasil pemantauan visual dan instrumental, serta potensi ancaman bahayanya, maka tingkat aktivitas Gunung Semeru masih ditetapkan pada level II (waspada)," kata Kepala Subbidang Mitigasi Gunung Api Wilayah Barat PVMBG Nia Haerani, sepeeti dikutip Antara, Sabtu (16/1) malam.

Semeru kembali erupsi dan meluncurkan awan panas dengan radius 4 kilometer ke arah Besuk Kobokan pada pukul 17.24 WIB. Guguran lava ini terjadi dengan jarak luncur antara 500-1.000 meter dari Kawah Jongring Seloko ke arah Besuk Kobokan, Lumajang, Jawa Timur.

Dua Pendaki Semeru yang Hilang Ditemukan Selamat

"Pada hari ini pukul 17.24 WIB terekam gempa awan panas guguran dengan amplitudo maksimum 22 mm dan durasi durasi 4287 detik," ujar Nia.

Kabar meletusnya gunung berketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut itu juga dikonfirmasi Bupati Lumajang Thoriqul Haq. Ia mengatakan Gunung Semeru mengeluarkan awan panas dengan jarak 4,5 kilometer.

"Daerah sekitar Sumber Mujur dan Curah Kobokan saat ini menjadi titik guguran awan panas," ujar Bupati Thoriqul lewat siaran pers Badan Nasional Penanggulangan Bencana. (han)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top