Polda DIY Cari 2 Ribu Kotak Amal Pendana Teroris

publicanews - berita politik & hukumIlustrasi kotak amal
PUBLICANEWS, Yogyakarta - Mabes Polri menyatakan dari ribuan kotak amal pendana Jamaah Islamiyah (JI), 2 ribu diantaranya berada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Oleh karena itu Polda DIY menelusuri keberadaan kotak amal tersebut.

"Kita berkoordinasi dengan Dinas Sosial karena yang berkaitan dengan sumbang menyumbang dan lain sebagainya pengawasan dari Dinsos," kata Kabid Humas Polda DIY Kombes Yuliyanto kepada wartawan di Yogyakarta, Senin (21/12).

Polda telah menerima informasi keberadaan sponsor bagi kelompok JI lewat ribuan kotak amal yang tersebar. Namun Yulianto enggan berspekulasi sebelum ada hasil penelusuran.

"Kalau informasi sedang kita kumpulkan. Apakah memang terkait langsung dengan jaringan itu (JI) atau tidak kita belum bisa menyimpulkan," ujarnya.

Polisi menelusuri beberapa lokasi kotak amal di masjid maupun luar lingkungan masjid. Menurutnya, peruntukkan kotak amal di masjid masih terpantau dari pembukuan sehingga dapat mengetahui penggunaan dananya.

"Tapi yang di luar itu (masjid) perlu kita lacak dan ini sedang didalami," ia menjelaskan.

Yulianto tidak menjelaskan ciri-ciri kotak amal yang digunakan untuk mendanai aksi terorisme.

Sebelumnya, Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono mengatakan kotak amal dibuat sama pada umumnya, dengan rangka aluminium untuk wilayah Jakarta, Lampung, Malang, Surabaya, Temanggung, Yogyakarta, dan Semarang.

"Kotak kaca dengan rangka kayu untuk wilayah Solo, Sumut, Pati, Magetan, dan Ambon," kata Argo beberapa waktu lalu. (imo)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top