Segera Cek NIP, Mungkin Anda Masuk Daftar Penerima BLT UMKM

publicanews - berita politik & hukumBRI ikut menyalurkan BLT UMKM, tampak warga antre di BRI Tomohon, Senin (26/10) pagi. (Foto: Publicanews/Edi)
PUBLICANEWS, Jakarta - Wajah Melky Wowor berseri. Warga Tomohon, Sulawesi Utara itu menjadi penerima Banpres Produktif senilai Rp 2,4 juta dari pemerintah. Namanya memang diusulkan koperasi setempat sebagai penerima bantuan langsung tunai (BLT) di tengah pandemi Covid-19.

"Lumayan, untuk tambahan modal usaha jualan baju cabo," kata Melky kepada Publicanews, Senin (26/10).

Cabo adalah istilah untuk pakaian bekas tetapi masih bagus. Di Tomohon, barang ini banyak diburu warga karena harga jualnya sangat murah berkisar Rp 5 ribu hingga Rp 50 ribu.

Nama penerima bantuan Banpres Produktif bisa dilihat melalui pengecekan Nomor Induk Kependudukan (NIK) di laman eform.bri.co.id/bpum.

Bila NIK terdaftar, akan muncul pesan "Nomor eKTP terdaftar sebaga penerima BPUM. Untuk verifikasi dan pencairan hubungi kantor BRI terdekat membawa eKTP".

Pendaftaran calon penerima BLT UMKM bisa oleh dinas yang membidang Koperasi dan UKM. Kemudian koperasi yang telah disahkan sebagai badan hukum. Lembaga perbankan dan perusahaan pembiayaan yang terdaftar di OJK juga bisa mengajukan bantuan tersebut.

BLT UMKM Banpres BPUM Rp 2,4 juta ini merupakan bantuan pemerintah melalui Kementerian Koperasi. Pendaftar yang memiliki usaha kecil dapat mendatangi kantor koperasi setempat dan melakukan klarifikasi.

Berdasar laman resmi depgop.go.id, syarat yang harus dibawa untuk pendaftaran yakni NIK, Nama Lengkap beserta Kartu Tanda Penduduk (KTP), Alamat tempat tinggal, bidang usaha dan nomor telepon.

Pemerintah menggelontorkan dana Rp 22 triliun dalam program ini. Setidaknya 17 juta pengusaha UMKM akan menerima bantuan ini. (feh)

Berita Terkait

Komentar(1)

Login
  1. Cewek Kepo @ceweKepo28 Oktober 2020 | 22:02:51

    Semoga prosesnya dipermudah karena di sini blm banyak yg tahu

Back to Top