Kriminalitas Tangerang

Polisi Akan Penjarakan Pihak yang Sembunyikan Napi Cai Changpan

publicanews - berita politik & hukumTerpidana mati Cai Changpan. (Foto: istimewa)
PUBLICANEWS, Jakarta - Polisi menduga ada pihak yang menyembunyikan napi buron Cai Changpan. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus memperingatkan bagi keluarga atau masyarakat yang membantu pelarian maka dianggap terlibat.

"Sebagaimana pasal 223, kalau ada yang bantu sembunyikan, konsekuensi hukum yang bisa menjerat. Ancaman 2 tahun penjara," kata Yusri kepada wartawan di kantornya, Jumat (2/10).

Setelah polisi mengeluarkan daftar pencarian orang (DPO), ada beberapa laporan masyarakat masuk ke polisi, mereka mengaku melihat wajah seperti napi asal Tiongkok yang kabur dari Lapas Tangerang itu.

Salah satu info menyebutkan, terpidana mati kasus narkoba tersebut masuk ke dalam hutan di wilayah Bogor, Jawa Barat. "Sementara ada beberapa tim fokus ke sana, sambil kita menelusuri kemungkinan lari ke tempat lain," ujar Yusri.

Diketahui setelah berhasil keluar Lapas Tangerang, Cai pulang ke daerah Tenjo, Bogor. Ia bahkan sempat membeli rokok di warung. Polisi mendapat informasi terakhir di sana namun petugas kembali kehilangan jejak.

Polisi melihat ada kejanggalan dalam proses kaburnya gembong 135 kg sabu itu. Salah satunya ada persiapan Cai menghubungi seseorang untuk membantu pelariannya.

Kejanggalan lainnya, Yusri menambahkan, petugas lapas baru mengetahui 11 jam kemudian. Padahal, ada tiga regu jaga untuk mengecek sel.

Cai Changpan alias Anthoni kabur dari Lapas Tangerang pada Minggu (14/9) dini hari. Ia menggali sel kamarnya menuju gorong-gorong dengan panjang sekitar 30 meter. (imo)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top