Papua

Polisi Tembak Mati Dua Anggota KKB Penyerang Kantor Freeport

publicanews - berita politik & hukumSejumlah barang bukti dari penyergapan anggota KKB di Kampung Jayanti, Distrik Iwaka, Mimika, Kamis (9/4). (Foto: Antara)
PUBLICANEWS, Mimika - Tim gabungan Polri-TNI menembak mati dua anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di lokasi persembunyian di Kampung Jayanti, Distrik Iwaka, Mimika, Papua, Kamis (9/4).

Kapolres Mimika AKBP I Gusti Gde Era Adhinata mengatakan, keduanya diduga terlibat penembakan di Kantor Freeport Indonesia di Kuala Kencana, Timika, beberapa waktu lalu.

"Telah dilakukan penegakan hukum terhadap KKB yang melakukan penembakan di Kompleks Kantor PT Freeport," kata Era kepada wartawan, Kamis (9/4).

Ia tidak menyebutkan identitas dua orang itu. Penyergapan berawal dari penangkapan enam warga yang diduga pemasok logistik bagi KKB pimpinan Hengky Wamang.

Enam orang itu tertangkap saat membawa bahan makanan dan amunisi dalam razia, Selasa (7/4). Dari situ polisi menginterogasi persembunyian mereka.

"Kami mendapat lokasi keberadaan mereka di Kampung Jayanti, Distrik Iwaka. Saat kami sergap, beberapa dari mereka kabur ke hutan dan membawa empat senjata api," ujar Era.

Dalam penyergapan itu, polisi menyita sejumlah senjata rakitan dan senapan angin, 162 butir amunisi, 22 alat komunikasi, tiga bendera bintang kejora, tiga kapak, tiga busur panah, 90 anak panah, dan 11 parang.

"Seorang berinisial IS kami amankan di lokasi kejadian," Era menambahkan.

Terpisah, Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw menegaskan, penyergapan itu untuk membuktikan terhadap tudingan rekayasa TNI-Polri dalam kekerasan di Kuala Kencana pada 30 Maret 2020.

"Ini bukan rekayasa. Kami akan cari aktornya, siapa pengendalinya," Paulus menegaskan. (imo)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top