Hari Ini Jakarta Terapkan PSBB, Ada Sanksi Bagi Pelanggar

publicanews - berita politik & hukumGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat mengumumkan pemberlakuan PSBB di Balaikota Jakarta, Kamis (9/4). (Foto: Youtube Pemprov DKI Jakarta)
PUBLICANEWS, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mulai menerapkan status Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), Jumat (10/4) pukul 00 WIB. Kamis malam, Anies menyampaikan Pergub Nomor 33/2020 yang mengatur PSBB tersebut.

"Pergub ini memiliki 28 pasal dan mengatur semua kegiatan di DKI Jakarta, baik kegiatan perekonomian, sosial, budaya, keagamaan, pendidikan," ujar mantan Mendilbud itu.

Secara garis besar Anies menjelaskan bahwa prinsipnya seluruh masyarakat Jakarta selama dua pekan, 14 hari ke depan, diharapkan berada di rumah, berada di lingkungan rumah dan mengurangi, meniadakan, bahkan, kegiatan-kegiatan di luar.

Ia memastikan akan menindak tegas perusahaan maupun pelaku usaha yang tetap beroperasi selama dua pekan penerapan PSBB.

"Nanti ada pengawasan, penertiban, dan kita akan kerahkan seluruh kekuatan di Pemprov, TNI, dan polisi untuk kita tertibkan," katanya.

Sedangkan hukuman tercantum dalam UU Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan. Pasal 93 beleid tersebut menyatakan sanksi denda hingga Rp 100 juta dan hukuman selama satu tahun. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top