Begini Aturan Berkendara di Jakarta Selama PSBB

publicanews - berita politik & hukumKapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana dalam video conference di kantornya, Rabu (8/4). (Foto: Humas PMJ)
PUBLICANEWS, Jakarta - Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana menjelaskan regulasi pembatasan kendaraan dan jumlah penumpang untuk semua jenis kendaraan pada Jumat (10/4). Saat itu Jakarta menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

"Untuk kendaraan pribadi jenis mobil, contohnya Avanza, itu kan bermuatan 6 orang dan kini hanya 3 orang saja," kata Nana dalam video streaming, Rabu (8/4).

Regulasi untuk mobil jenis sedan bermuatan 4 orang hanya boleh memuat 2 orang saja, yakni pengendara dan satu penumpang di belakang.

"Untuk kendaraan roda dua atau sepeda motor hanya satu orang. Sebab ini jelas melanggar pshycal distancing jika berboncengan," ujar Nana.

Nana juga menjelaskan, regulasi untuk penumpang transportasi umum seperti bus kota, kereta, dan MRT, akan berkurang 50 persen. Bus bermuatan 60 orang, hanya boleh diisi 30 orang.

Regulasi tersebut berlaku selama masa PSBB. Kebijakan itu sudah dibicarakan dengan Pemprov DKI Jakarta sebagai dasar penindakan terhadap para pelanggar.

"Kita masih menunggu Pergub," ia menambahkan.

Nana menegaskan, warga yang menolak bubar ketika berkerumunan akan ditindak tegas.

"Apabila masyarakat sudah diimbau tiga kali tetapi yang bersangkutan tetap menolak, bisa dilakukan upaya penindakan hukum," ia menambahkan. (imo)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top