Sultan Pastikan DIY Tak Ajukan PSBB

publicanews - berita politik & hukumGubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sultan Hamengkubuwono X. (Foto: Antara)
PUBLICANEWS, Yogyakarta - Gubernur DIY Sultan HB X belum punya rencana untuk mengajukan status Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Keputusam itu diambil dalam rapat forum komunikasi pimpinan daerah (Forkominda).

"Sampai saat ini belum waktunya kita menyampaikan PSBB," kata Sultan di Kompleks Kepatihan Yogyakarta, Rabu (8/4).

Menurutnya, kebijakan ini dipilih karena DIY belum memenuhi unsur PSBB seperti DKI Jakarta, yang merupakan zona merah penyebaran virus corona SARS-CoV-2.

Sultan menjelaskan, hingga saat ini tidak terjadi peningkatan kasus secara signifikan dan belum ditemukan transmisi lokal dalam penyebaran Covid-19 sesuai pasal 2 Permenkes Nomor 9 Tahun 2020.

Meski demikian, DIY tetap menyiapkan protokol penanganan COVID-19 untuk menghadapi lonjakan jumlah pemudik dan pendatang di DIY menjelang Ramadhan dan Idul Fitri.

Juru Bicara Pemda DIY untuk Penanganan COVID-19 Berty Murtiningsih menambahkan, ada 381 pasien dalam pengawasan (PDP) di DIY dan 130 di antaranya masih menjalani perawatan. Dari hasil laboratorium, tercatat ada 38 pasien positif Corona. Jumlah itu merupakan akumulasi sejak ditemukan kasus Corona pertama di DIY.

Sedangkan korban meninggal bertambah dua orang dan ada tiga PDP yang meninggal sebelum hasil uji laboratorium keluar. Dengan demikian jumlah meninggal akibat Covid-19 berjumlah 11 orang. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top