Megawati: Jangan Saya Dibenturkan dengan Pak Anies

publicanews - berita politik & hukumMegawati Soekarnoputri. (Foto: Antara)
PUBLICANEWS, Jakarta - Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengingatkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan soal Monumen Nasional (Monas) sebagai cagar budaya. Presiden kelima RI itu mempersoalkan kenapa Formula E digelar di Monas.

"Nah, Gubernur DKI ini tahu apa tidak. Kenapa sih mau bikin Formula E, kenapa sih harus di situ? Kenapa sih gak di tempat lain? Kan begitu. Peraturan itu ya peraturan. Nah, kalian itu juga mesti tahu jangan sampai melanggar peraturan," kata Megawati di Kantor DPP PDIP, Rabu (19/2).

Berdasarkan aturan, ujar Mega, sebagai cagar budaya tidak ada kegiatan apapun di Monas. Namun Mega tidak ingin dibenturkan dengan Anies.

"Garis bawahi, jangan pula saya dibentur-benturkan sama Pak Anies. Tapi kan saya hanya ngomong Monas itu adalah sudah pasti peraturannya merupakan cagar budaya," ujar Megawati.

Ia kemudian merujuk tempat tinggalnya di Jalan Teuku Umar, Jakarta Pusat. "Rumah saya itu masuk dalam cagar budaya DKI. Saya kalau mau betulin mesti minta izin. Karena apa? Karena ada hal-hal yang tidak ada di dalam arsitektur rumah yang lain. Nah ini kayak, heran deh, kenapa ya, aneh buat saya," katanya.

Diketahui ajang balapan mobil listrik sejagad itu akan memanfaatkan lahan kawasan Monas. BUMD Jakarta Propertindo (Jakpro) akan menyiapkan lintasan. Garis start berawal dari Balaikota DKI Jakarta lewat silang Barat Daya Monas dekat dengan Patung Kuda Arjuna Wiwaha.

Pebalap kemudian akan melaju hingga Pelataran Barat dari Tugu Monas. Akan disiapkan jalan memutarbalik ke arah pelataran selatan menuju kawasan timur dan tenggara Monas.

Lap kemudian mengarah ke kawasan Medan Merdeka Selatan melewati Kedutaan Besar Amerika Serikat, berlanjut kembali ke Balai Kota.

Jalur lintasan sepanjang 2,58 kilometer itu berakhir di depan Pelataran Selatan Monas.

Formula E akan digelar 6 Juni 2020, diselenggarakan oleh Jakpro bersama FIA (Federation internationale de l'automobile) Formula E Championship. Ajang ini telah mendapat rekomendasi Komisi Pengarah Pembangunan Kawasan Medan Merdeka. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top