Kriminalitas Medan

Setahun Buron Kasus Pembakaran, Oknum Polisi Tertangkap

publicanews - berita politik & hukumPolda Sumut menangkap oknum polisi Kompol RHA di Pekanbaru, Riau, Rabu (5/2) yang terlibat pembakaran rumah di Kabupaten Samosir, Sumut tahun 2018 silam. (Foto: waspada.co.id)
PUBLICANEWS, Medan - Polda Sumatera Utara menangkap anggotanya, Kompol RHA, yang terlibat kasus pembakaran rumah warga di Kabupaten Samosir pada Juni 2018. Ia ditangkap pada Rabu (5/2) di rumahnya di Pekanbaru, Riau, setelah setahun lebih bersembunyi.

"Yang bersangkutan bisa kita temukan dari hasil pemeriksaan tersangka R Boru Manurung yang lebih dulu kita amankan," kata Kasubbid Penmas Polda Sumut AKBP MP Nainggolan kepada wartawan di kantornya, Kamis (6/2).

Penyidik Dit Reskrimum Polda Sumut menjemput perwira menengah di Biddokes itu dan membawanya ke Mapolda guna pemeriksaan lebih lanjut. "Statusnya akan ditetapkan setelah penyidik selesai melakukan pemeriksaan," ujar Nainggolan.

Aksi pembakaran itu bermula dari keributan antara kakak beradik Rudolf Manurung dengan R Boru Manurung. Pangkal soalnya menyangkut alih fungsi sebidang tanah milik keluarga pada 2018.

"R (Rudolf) tidak setuju jika tersangka (R Boru Manurung) membangun hotel. Akibatnya tersangka dendam," Nainggolan menjelaskan.

Kakak beradik itu pun berkelahi, lalu R Boru mengajak RHA untuk membakar rumah saudara kandungnya di Desa Lumban Manurung, Kelurahan Tuktuk, Kecamatan Simanindo, Samosir, itu.

"Tersangka sempat bersembunyi di Jakarta, sekarang sudah ditahan di Polres Samosir," Nainggolan menambahkan.

Kasus ini kemudian dilimpahkan dari Polres Samosir ke Polda. Semula, masyarakat menilai peristiwa tersebut murni kebakaran. Namun, hasil penyelidikan terdapat kejanggalan sehingga ada unsur kesengajaan. (imo)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top