Ombudsman Sebut Dirut Transjakarta Berstatus Terpidana

publicanews - berita politik & hukumPT TransJakarta menunjuk Donny Andy S Saragih (kanan) sebagai Direktur Utama (Dirut) menggantikan Agung Wicaksono (kiri). (Foto: Dok. TransJakarta)
PUBLICANEWS, Jakarta - Ombudsman meminta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau ulang jabatan Dirut baru Transjakarta Donny Andi S Saragih. Anggota Ombudsman DKI Jakarta Teguh P Nugroho telah mendapat laporan dari masyarakat kemudian melakukan penelusuran.

"Dari data itu, kami lakukan tracking, kami dapatkan info dan data terkait yang bersangkutan, sebetulnya terpidana penipuan," kata Teguh di kantornya, Senin (27/1).

Merujuk Pergub, Teguh menambahkan, pengangkatan pejabat BUMD ada kewajiban bahwa calon tidak dalam proses pemidanaan dalam waktu sekurangnya 5 tahun.

"Nah, Donny ini sedang dalam masa tahanan," Teguh menegaskan. Namun, ia tidak bersedia menjabarkan persoalan hukum yang menjerat sang dirut.

Ia mengatakan akan menindaklanjuti temuan maladministrasi itu dengan meminta pertanggungjawaban dari Pemprov dan pengawas BUMD. Tak menutup kemungkinan Ombudsman memanggl Anies karena diduga mengetahui persoalan itu.

Donny dilantik Anies pada Jumat (24/1). Mantan Mendikbud itu memuji Donny yang memiliki pengalaman di bidang transportasi sehingga kemampuannya tak diragukan lagi.

"Hampir seluruh pengalaman kariernya di bidang transportasi dan bahkan sempat menjadi Wakil Ketua Dewan Transportasi Jakarta," kata Anies, saat itu.

Anies menyebut latar karier Donny, antara lain Direktur Operasional PT Eka Sari Lorena Transport Tbk dan komisaris PT Alfa Omega Transport sejak 2014.

Donny menggantikan pejabat sebelumnya Agung Wicaksono yang mengundurukan diri karena alasan keluarga. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top