Obituari

Eks 'Perampok Budiman' Johny Indo Meninggal pada Usia 72 Tahun

publicanews - berita politik & hukumJohny Indo. (Foto: Istimewa)
PUBLICANEWS, Jakarta - Mantan napi dan aktor kawakan Johny Indo meninggal dunia. 'Robin Hood' Indonesia itu mengembuskan nafas terakhir pada Minggu (26/1) pukul 07.45 WIB. Ia menghdap sang Pencipta pada usia 72 tahun.

Sebelumnya pria kelahiran Garut, Jawa Barat, itu menjalani perawatan operasi hernia. “Dia sakitnya cuma hernia sama jatuh, abis operasi hernia itu kurang lebih sebulan," kata cucu Johny Indo, Santa, kepada wartawan, Minggu siang.

Santa belum mengetahui tata cara pemakaman kakeknya. Sebelumnya, Johny disebutkan bergama Islam, tetapi belakangan kembali ke gereja.

Anak Johny, Maria, mengatakan masih menunggu kepastian dari kakaknya Martini Luisa atau dokter Eva.

Diketahui Eva tengah ditahan Mapolda Jawa Timur karena menjadi tersangka investasi bodong MeMiles. "Kita belum tahu akan dimakamkan secara apa. Terserah kakak sajalah," ujar Maria.

Maria belum mengetahui apakah Eva mendapat izin dari kepolisian untuk menjenguk mendiang ayahnya untuk terakhir kalinya.

Johny Indo selain populer sebagai aktor pada dasawarsa 80'an, ia juga dikenal sebagai perampok. Ia bersama kelompoknya Pachinko (Pasukan China Kota) kerap melakukan aksi perampokan terhadap orang-orang asing nan kaya di Indonesia.

Dalam aksinya merampok emas pada akhir 1970 hingga awal 1979, Johny Indo disebutkan telah mengumpulkan 129 kilogram emas. Anehnya hasil jarahannya itu dibagikan kaum miskin, ia dijuluki perampok budiman.

Namun, aksi Robin Hood-nya berakhir pada 17 Desember 1979. Ia ditangkap setelah polisi berhasil melumpuhkan anggota Pachinko lainnya. Ia divonis 14 tahun dan dibuang ke Nusakambangan.

Pada Mei 1982, ia bersongkol dengan 34 narapidana lainnya kabur dari penjara. Ia bersembunyi selama 14 hari di hutan bakau sebelum akhirnya menyerahkan diri.

Setelah bebas, ia kembali menekuni profesi sebagai bintang film. Ia juga kembali ke profesi lama sebelum masuk lembah hitam yaitu model dan bintang iklan.

Debut perdana layar lebar adalah film yang mengisahkan hidupnya Johny Indo pada 1987. Banyak film yang ia bintangi seperti Badai Jalanan, Langkah-Langkah Pasti, Titisan si Pitung. Namanya sebagai bintang film tersohor di era 80'an.

Selepas kiprah film, Johny yang menjadi mualaf mengubah namanya Johanes Hubertus Eijkenboom menjadi Umar Billah. Ia berdakwah dari kampung ke kampung.

Dakwahnya dipuji banyak pihak. Bahkan, Pangeran Arab Saudi secara khusus menjemputnya dengan pesawat pribadi saat menunaikan ibadah haji. (feh)

Berita Terkait

Komentar(1)

Login
  1. Anak Gaul @gakasikah26 Januari 2020 | 17:51:46

    akhirnya....terbaring juga. Untung udah tobat. Sisupnya ada manfaat. paling gak.

Back to Top