Ketua Ormas Betawi Diciduk Karena Ujaran Rasisme

publicanews - berita politik & hukumPolisi meringkus Ketua Gerakan Ormas Islam Betawi Andy M Saleh atas dugaan ujaran kebencian. (Foto: FWP)
PUBLICANEWS, Jakarta - Polisi meringkus Ketua Gerakan Ormas Islam Betawi (Goib) Andy M Saleh atas dugaan ujaran kebencian terhadap kelompok tertentu.

Menurut Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus, modus pelaku yakni memasang spanduk berisi penolakan keberadaan bioskop di Pusat Grosir Cililitan (PGC), Jakarta Timur.

"Pelaku kita tangkap tadi malam. Dia mengonsep sendiri, memesan, dan memasang spanduk tersebut," kata Yusri kepada wartawan, Kamis (23/1).

Saat ditangkap, Andy mengaku bersalah dan meminta maaf. Pria paruh baya itu juga telah menyerahkan barang bukti ke polisi.

Selain spanduk, Andy juga menyebarkan pesan berantai via media sosial. Pesan tersebut mengandung rasisme dan mengatasnamakan agama.

'Warga masyarakat Betawi Cililitan dan sekitarnye bersama umat Islam Jakarta Timur mengajak umat untuk aksi bela agama Islam dan kaum pribumi yang telah diresahkan oleh pengusaha Cina yang membangun 4 Bioskop XXI berdekatan Masjid As-Sinah 20 meter di lantai 7 PGC,' tulis pesannya.

Saat ini, kata Yusri, polisi masih menyelidiki motif pelaku dalam menyebarkan ujaran kebencian. Sejauh ini Andy mengaku motifnya adalah ekonomi karena pada 17 Januari akan ada aksi menolak adanya bioskop dekat masjid.

Rencananya, Jumat (24/1) lusa ormas GOIB akan menggelar 'Aksi Demo Bela Agama Islam dan Pribumi Menolak Bioskop XXI.'

Spanduk tersebut viral di media sosial dan dipasang di kawasan PGC pada Kamis (16/1) pekan lalu. (imo)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top