Kriminalitas Jakarta

WN Tiongkok Buka Praktik Medis Ilegal

publicanews - berita politik & hukumBarang bukti praktik medis ilegal yang disita polisi dari klinik Cahaya Mentari di Rukan Puri Mutiara Blok D Nomor 12, Jalan Danau Sunter Barat, Tanjung Priok. (Foto: FWP)
PUBLICANEWS, Jakarta - Seorang warga negara Tiongkok berinisial LS alias dokter LI melakukan praktik kedokteran ilegal di kawasan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Ia membuka praktik di klinik Cahaya Mentari di Rukan Puri Mutiara Blok D Nomor 12, Jalan Danau Sunter Barat.

"Ada info klinik di Jakarta Utara, pemiliknya ialah A, dia membuka praktik tapi dokternya tidak bisa bahasa Indonesia," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus dalam gelar kasus di kantornya, Kamis (23/1).

LI mengaku sebagai dokter spesialis telinga, hidung, dan tenggorokan (THT). Satuan Ditreskrimsus Polda Metro Jaya melakukan penyelidikan di lokasi. "Ternyata tersangka sudah berpraktik selama tiga bulan. Kita amankan hari Senin (13/1)," ujarnya.

Sementara tersangka A ikut terlibat dalam praktik ilegal dengan menyediakan tempat dan menyiapkan juru bahasa bagi pasien lantaran dokter LI tak bisa berbahasa Indonesia. LI menawarkan pengobatan sinus tanpa proses operasi melainkan cukup dengan menyuntikkan obat ke hidung. Hal tersebut memikat para calon pasiennya.

"Harga yang ditawarkan sangat mahal dari Rp 7 juta - Rp 15 juta. Itu semua (obat berasal dari) Tiongkok, maka tidak terdaftar di BPOM," Yusri menjelaskan.

Saat polisi menelusurinya, ternyata pelaku ke Indonesia hanya menggunakan visa turis selama tiga bulan. Padahal ia sudah menetap selama 9 bulan.

Klinik tersebut diduga meraup Rp 1 miliar. Polisi menyita berbagai obat ilegal untuk THT, alat medis, dokumen, buku rekam medis, buku data pasien infus, kuitansi pembayaran dan identitas dokter. (imo)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top