Berkostum Wayang, Para Menteri Nitulaku dari Keraton ke UGM

publicanews - berita politik & hukumUniversitas Gadjah Mada (Foto: Istimewa)
PUBLICANEWS, Yogyakarta - Sejumlah menteri mengenakan busana wayang dan pakaian tradisional akan menyemarakkan kegiatan nitilaku. Pawai budaya dari Keraton menuju 'kampus biru' itu menjadi bagian dari rangkaian Dies Natalis Universitas Gadjah Mada, yang berlangsung Minggu (15/12).

Rektor UGM, Panut Mulyono di kampus setempat, Jumat (13/12/2019) mengungkapkan, nitilaku mengusung tema “Menggugah Warisan- Bersama Kebangsaan dan Berbudaya”.

Dipastikan akan hadir Pratikno (Mensesneg), Mahfud MD (Menkopolhukam), Basuki Hadimuljono (Menteri PUPR), Retno Marsudi (Menlu), Airlangga Hartarto (Menperin) dan Budi Karya Sumadi (Menhub).

Para menteri yang pernah mengenyam pendidikan di UGM itu akan berbaur dengan sivitas akademika UGM, yakni mahasiswa, dosen, hingga karyawan UGM, alumni UGM, KAGAMA, Ikatan Pelajar Mahasiswa Daerah (IKPMD) di Yogyakarta, Dharmasiswa, komunitas seni Yogyakarta dan masyarakat DIY.

Panut mengatakan ribuan peserta pawai sebagian besar akan mengenakan kostum wayang, karena merupakan budaya bangsa Indonesia yang sarat makna keteladanan, kepahlawanan, ketokohan, kebijaksanaan.

"Kebudayaan yang merupakan salah satu jati diri UGM sebagai universitas pusat kebudayaan,” ujarnya.

Ketua Penyelenggara Nitilaku 2019 Hendrie Adji Kusworo menambahkan nitilaku menjadi acara budaya tahunan. Kegiatan kultural itu tak terpisahkan dari masyarakat Yogyakarta, yang telah menjadi bagian penting dari keberadaan UGM. (feh)

Berita Terkait

  • Tidak ada berita terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top