Film Bang Ali: The Movie, Kisah Gubernur Keras Segera Dirilis

publicanews - berita politik & hukumAli Sadikin (Foto: Istimewa)
PUBLICANEWS, Jakarta - Presiden Soekarno memberi predikat Ali Sadikin sebagai 'orang keras'. Hal itu pula yang membuat Presiden pertama RI itu mengangkatnya sebagai Gubernur DKI Jakarta, pada April 1966.

Kisah Ali Sadikin atau populer disapa Bang Ali itu akan diabadikan dalam karya film layar lebar. Produser FX Rudy Gunawan mengatakan film bertajuk Bang Ali: The Movie itu akan dirilis pada 2020 mendatang.

"Kami telah mendapat restu dari Boy Sadikin (putra sulung Ali Sadikin) untuk memproduksi film biopic Bang Ali," kata Rudy kepada wartawan, Kamis (11/12).

Rudy bersama dua produser lainnya Ody Mulya Hidayat dan Imran Hasibuan mengadakan pertemuan pekan lalu dengan Boy Sadikin, yang didampingi Happy Harinto, mewakili keluarga besar Ali Sadikin.

Selain keluarga, dukungan juga datang dari keluarga taipan Ciputra. "Hubungan Pak Ali Sadikin dengan ayah saya, Ir. Ciputra, memang sangat dekat. Baik dalam hubungan kerja maupun personal," kata Rina Ciputra, saat menerima audiensi tim produksi film Bang Ali: The Movie, Jumat (13/12).

Ciputra dikenal sebagai pelaksana gagasan besar Bang Ali dalam membangun Jakarta. Berbagai pasar inpres seperti Pasar Senin hingga beberapa terminal, seperti Blok M adalah beberapa contoh.

Rudy mengatakan, bagaimanapun, nama Ali Sadikin sudah identik dengan kota Jakarta. Hingga hari ini ia diakui luas sebagai peletak dasar pembangunan Jakarta menjadi kota modern dan beradab.

Selain kepemimpinannya dalam membangun Jakarta, juga dikisahkan kebijakannya yang kontroversial seperti soal bar, panti pijat, dan kasino. Sarana hiburan itu dikenakan pajak tinggi guna mengisi kas pemerintah daerah.

Tak luput diselipkan romantisme Bang Ali dengan istrinya Nani Sadikin, termasuk kehidupan rumah-tangga bersama anak-anaknya.

Proses produksi Bang Ali: The Movie ini akan dimulai awal tahun depan. "Kita akan segera melakukan casting pemeran. Sudah ada beberapa aktor yang kita bidik untuk memerankan karakter Ali Sadikin. Juga sutradara sudah ada beberapa kandidat yang kita jagokan," Imran Hasibuan menjelaskan.

Para produser yakin film ini akan sukses karena nama besar dan karya bakti Ali Sadikin masih dikenang dan dibicarakan orang hingga hari ini. (feh)

Berita Terkait

  • Tidak ada berita terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top