Polisi Gadungan Culik dan Peras Perempuan

publicanews - berita politik & hukumKedua polisi gadungan yang menculik korban hingga ke Surabaya, Minggu (8/12). (Foto: beritajatim.com)
PUBLICANEWS, Gresik - Dua polisi gadungan Agus Widodo (45) dan Muhrizal (53) berhasil dibekuk. Keduanya menculik dan memeras seorang wanita, Tri Kurniawati (38).

Kedua pelaku ditangkap di Surabaya, Jawa Timur, Minggu (8/12) malam.

"Mereka menyekap korban di Jalan Dusun Gantang, Desa Boboh, Menganti, Gresik hari Minggu kemarin," kata Kapolres Gresik AKBP Kusworo Wibowo kepada wartawan di kantornya, Kamis (12/12). 

Kusworo menjelaskan kedua pelaku awalnya membawa obat ilegal dan menawarkan kepada korban. Tri merasa curiga dan berusaha pergi, namun pelaku malah menculik dan memeras.

Korban dipaksa dimasukkan ke mobil Xenia bernopol L 1260 IP oleh kedua pelaku. Selanjutnya pelaku melajukan mobil ke arah Surabaya.

Di dalam mobil kedua pelaku mengaku anggota polisi dan menuduh korban menjual obat tanpa izin edar. Tri yang ketakutan dimintai uang damai dan diancam akan dibawa ke kantor polisi. 

"Kedua pelaku mengaku sebagai anggota Polda memeras korban. Awalnya Rp 20 juta, jika menolak akan membawa korban ke Polda," Kusworo menuturkan.

Tri mengaku hanya ada uang Rp 2 juta. Salah satu pelaku meminta Tri menghubungi suaminya.

Beruntung, mobil pelaku berhasil dicegat anggota Polres Gresik yang mengejarnya. Sebelumnya, anak korban telah melaporkan kejadian itu ke polisi setelah melihat ibunya diculik.

"Saat itu, anak korban mengetahui plat nomor kendaraan pelaku," Kusworo menambahkan.

Motif pelaku karena terhimpit kebutuhan ekonomi. Petugas mengamankan uang tunai Rp 2 juta milik korban, satu unit mobil Daihatsu Xenia bernopol palsu.

Kedua pelaku dijerat Pasal 368 ayat 1 jo 53, Pasal 333 ayat 1 dan 335 ayat 1 KUHPidana tentang merampas kemerdekaan, pemerasan dan perbuatan tidak menyenangkan. (imo)

Berita Terkait

  • Tidak ada berita terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top