Bandung

Ridwan Kamil Bikin Kolam Renang Rp 1,5 M di Rumah Dinas Untuk Terapi Kakinya

publicanews - berita politik & hukumGubernur Jabar Ridwan Kamil bersama pemain film Dilan menggelar jumpa pers di Rumah Dinas Gubernur Jabar, Bandung, Jawa Barat. (Foto: Antara)
PUBLICANEWS, Bandung - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil membangun kolah renang seharga Rp 1,5 miliar di rumah dinas Gedung Pakuan, Bandung. Menurut Kang Emil, begitu ia akrab disapa, kolam ini sesuai kebutuhannya. Ia mengaku ianjurkan dokter berenang sebagai upaya terapi kaki kiri yang cidera.

"Dokter menyarankan supaya tetap fit, sebagai gubernur Jabar, tidak boleh lagi berolahraga yang sifatnya impact seperti lari atau loncat-loncat, harus terapi dengan namanya berenang." kata Kang Emil seusai rapat paripurna di gedung DPRD Jabar, Jalan Diponegoro, Jumat (15/11).

Menurutnya, pembangunan kolam renang merupakan bagian dari proyek revitaliasasi Gedung Pakuan yang sudah hampir 20 tahun tak direnovasi. Gedung Pakuan sendiri berusia 200 tahun dan berdiri di atas lahan 2,3.

Ia mengatakan wajar ada penambahan fasilitas. "Dalam masterplan perbaikan yang namanya Pakuan saya arahkan dan setujui membuat kolam yang tidak terlalu besar," ujarnya.

Ia kemudian mengungkit pendahulunya Ahmad Heryawan yang menambah fasilitas lapangan tenis dan pembangunan masjid besar yang bisa dipakai shalat bersama warga.

Mantan Walikota Bandung itu membantah proyek yang ia lakukan menghamburkan uang negara. Emil beralasan tiap tahun bangunan sejarah itu sudah sewajarnya perlu perawatan.

Emil juga membantah mengesampingkan program prioritas Provinsi Jawa barat. Pembangunan di Jabar itu semua dikerjakan. "Kalau Anda tadi menyimak sebutkan semua dimensinya urusan kemiskinan, semua proporsional," ia menegaskan.

Total anggaran revitalisasi Gedung Pakuan adalah Rp 4 miliar, khusus untuk kolam renang menghabiskan Rp 1,5 miliar. Biaya itu termasuk untuk membangun toilet, instalasi air, gazebo, dan tempat bilas

Soal anggaran yang besar tersebut, Emil mengaku tidak hapal. "Saya enggak hapal detailnya karena mata anggaran yang ada di Pakuan itu banyak. Kalau mau detail tanya kontraktornya," ia menambahkan.

Gubernur yang diusung Partai Nasdem itu kemudian mengatakan bahwa banyak pekerjaan yang dilakukan dalam proyek Gedung Pakuan itu. Ia menyebut seperti mengaspal, perbaikan bangunan.

Menurut Kepala Biro Umum Setda Pemprov Jabar Iip Hidayat, kolam renang tersebut memiliki lebar 4 meter dan panjang 29 meter. Kedalaman 1,25 meter. Ia menyebut fasilitas kolam renang yang dibuat sekelas hotel pada umumnya.

"Kayak kolam renang di hotel, seperti itu. Ada air panas dan dingin," ujarnya. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top