Istri dan Mertua Pelaku Bom Bunuh Diri Polrestabes Medan Dibekuk

publicanews - berita politik & hukumRumah yang diduga ditinggali pelaku bom bunuh diri dan istri di Lingkungan 6, Gang Melati 8, Kecamatan Medan Marelan. (Foto: CNN)
PUBLICANEWS, Medan - Tim Densus 88 menangkap tiga orang yang mengenal dekat Rabbial Muslim Nasution (24), pelaku bom bunuh diri di Polrestabes Medan, Rabu (13/11).

Mereka adalah istri Dewi alias Dedek (24) dan orang tua pelaku. Mereka diamankan dari rumah Nomor 202 C di Lingkungan 6, Gang Melati 8, Kecamatan Medan Marelan. Sebelumnya polisi menggeledah rumah Rabbial di Jalan Jangka Gang Tentram No. 89B, Sei Putih Barat, Medan Petisah, Medan, Sumatera Utara.

"Istri pelaku diamankan setelah kami melakukan penyisiran di seputaran rumah pelaku, namun tidak ada di rumah, dan ketika anggota melakukan penyisiran ketemu di jalan," kata Wakapolda Sumut Brigjen Mardiaz Kusin Dwihananto usai upacara HUT Brimob di Mako Brimob Polda Sumut, Kamis (14/11).

Ketiganya masih menjalani pemeriksaan intensif menyangkut aktivitas Rabbial. Menurut Dewi, ia yang justru lebih dulu terpapar radikalisme, kemudian diikuti sang suami.

Dewi terbilang sangat aktif di media sosial, bahkan ia sering berkomunikasi dengan seorang napi di Lapas Medan berinisial I soal rencana aksi teror di Bali.

"Napi ini berada di salah satu Lapas kelas 2 wanita di Medan. Percakapan mereka (Dewi dan I) merencanakan aksi teroris di Bali. Masih dikembangkan," ujar eks Kapolres Metro Jakarta Selatan itu.

Kepada penyidik, Dewi mengaku tergabung dalam kelompok-kelompok pengajian yang salah satunya bersama imam tersebut. "Namun tentunya kita belum bisa juga menduga itu pelakunya juga, harus kita periksa," Mardiaz menandaskan.

Selain itu polisi juga memburu seorang guru spiritual sekaligus imam dari Rabbial. Mardiaz mengklaim polisi telah mengantongi identitas yang diduga sebagai guru agama pelaku tersebut.

Sayangnya saat tim gabungan Densus 88 dan Polda Sumut menggeledah rumah sang guru agama di daerah Belawan tidak ditemukan keberadaannya.

Diketahui Mapolrestabes Medan diserang bom bunuh diri pelaku yang mengenakan jaket ojek daring, Rabu (13/11) sekitar pukul 08.45 WIB. (imo)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top