Viral, Bupati Rohul Bawa Pistol

publicanews - berita politik & hukumBupati Rokan Hulu (Rohul) Sukiman membawa pistol dalam sebuah acara di Kecamatan Bonai Darussalam, Kabupaten Rohul, Riau, Rabu (6/11). (Foto: media sosial)
PUBLICANEWS, Rohul - Warganet dihebohkan beredarnya foto Bupati Rokan Hulu (Rohul) Sukiman membawa pistol di pinggangnya. Foto diambil dari sebuah kegiatan di Kecamatan Bonai Darussalam, Kabupaten Rohul, Riau, Rabu (6/11).

Saat itu Sukiman mengenakan seragam dinas sedang bersalaman dengan sejumlah orang. Terlihat juga Kapolres Rohul AKBP Dasmin Ginting berada di belakangnya.

Ketika diminta tanggapan wartawan, Sukiman justru menjawab dengan santai bahwa pistol angin. Ia beralasan membawanya hanya untuk gaya. "Itu (senjata) airsoft gun, buat gaya-gaya aja," ujar Sukiman sambil tertawa kepada wartawan kemarin.

Menurutnya, saat itu ia diundang dalam kegiatan sosialisasi pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Ia tidak menyadari tindakannya itu berujung masalah. Sukiman sebelum menjadi bupati ia adalah mantan prajurit TNI.

"Saya kan (purnawirawan) tentara, jadi sifat-sifat militernya itu masih ada," katanya.

Soekiman mengatakan ia punya surat izin atas kepemilikan 'mainannya' itu. "Kalau pakai softgun itu kan enggak apa-apa juga. Sudah ada juga izin (Perbakin)," Sukiman menjelaskan.

Sementara Kapolres Dasmin membenarkan bahwa pistol yang dibawa sang bupati adalah jenis air softgun. Menurutnya tidak masalah jika pistol tersebut bukan senjata api

"Informasi dari beliau, itu bukan senjata api, tapi air softgun. Air softgun tidak masalah, enggak perlu pakai izin. Tapi kalau senjata api enggak boleh," ia menambahkan. (imo)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top