Densus 88 Tangkap Perakit Bom di Bekasi

publicanews - berita politik & hukumRumah perakit bom Adnan di Jalan Raya Papan Mas Kelurahan Setia Mekar Kecamatan Tambun Selatan, Bekasi, Rabu (16/10) malam. (Foto: Polres Bekasi)
PUBLICANEWS, Jakarta - Tim Densus 88 kembali menangkap terduga teroris perakit bom Adnan alias Aulia alias Gondrong (20), Rabu (16/10) malam. Ia diambil tim Densus di rumahnya, Jalan Raya Papan Mas Kelurahan Setia Mekar Kecamatan Tambun Selatan, Bekasi.

Wakapolres Bekasi AKBP Luthfie Sulistiawan membenarkan terjadi penangkapan oleh Tim Densus menjelang tengah malam. Kasus ini merupakan pengembangan dari penangkapan tiga terduga teroris di Lampung.

"Tadi sudah dilakukan penggeledahan, seluruh ruangan sudah dilakukan pengecekan oleh Densus dan tim penjinak bom," kata AKBP Luthfie kepada wartawan, Kamis (17/10) dini hari.

Tersangka Adnan adalah anggota Jamaah Ansharut Daulah (JAD) yang berbaiat kepada Amirul Mukminin Besar Abu Bakar Al Baghdadi, pimpinan ISIS.

Peran Adnan adalah merakit rangkaian ponsel untuk dijadikan pemantik bom bersama dengan tiga rekannya, yakni Rifky, Saleh, dan Yunus. Petugas menggeledah seisi ruangan dan menemukan dua alat switching atau pemantik bom.

"Kemudian ada bubuk-bubukĀ flash powder, termasuk ditemukan buku kaitannya dengan jihad," ujarnya.

Luthfie mengungkapkan Adnan sudah mengikuti I'dad atau persiapan perang sejak Juni 2019 di Air Terjun Batu Putu, Lampung. Di tempat itu mereka juga melakukan uji coba meledakkan mesiu dengan pemicu bom dari ponsel yang dibuat.

Bom tersebut dibuat dari bahan-bahan kimia berupa KNO3 dan nitrogliserin sebagai bahan peledak. Adnan berencana melakukan aksi bom bunuh diri dengan target tempat hiburan atau acara-acara besar di Lampung.

"Tersangka sedang dilakukan interogasi dan akan dibawa ke markas Densus. Ada dua adik yang juga diamankan mungkin akan kita pulangkan," Luthfie menambahkan.

Adnan merupakan penjual ikan, terlihat dari rumahnya yang dipenuhi akuarium ikan hias sebagai barang dagangan. Dari dalam rumah, Densus membawa boks biru berisi bahan peledak. (imo)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top