KKB Tembaki Helikopter di Kabupaten Puncak Jaya

publicanews - berita politik & hukumTampak lubang peluru pada kaca depan helikopter milik PT Intan Angkasa Air Service yang ditembak KKB saat lepas landas di Kampung Olenki, Kabupaten Puncak, Papua, Rabu (16/10). (Foto: Polsek Ilaga)
PUBLICANEWS, Jayapura - Sebuah helikopter PK-IWD ditembak oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Kabupaten Puncak, Papua, Rabu (16/10) pagi. Saat itu heli mengangkut satu penumpang, yakni Agung Dedi Hidayat (27).

Heli milik PT Intan Air Service ini naru saja lepas landas dari kampung Olenki, Distrik Ilaga, dan mencapai ketinggian 2.590 mdpl dan sekitar 290 meter dari permukaan tanah.

Beruntung helikopter yang dikendalikan pilot asal Rumania Dan Cristian Munteanu itu tidak memakan korban jiwa, hanya menyisakan lubang peluru di bagian pintu dan kaca depan.

"Para pelaku melepaskan tiga tembakan ke arah helikopter. Akibatnya, mengenai pintu bawah kiri heli dan menembus kaca depan heli," kata Kapolres Puncak Jaya AKBP Ary Purwanto kepada wartawan di kantornya.

Helikopter tidak mengalami kerusakan parah sehingga pilot memutuskan melanjutkan penerbangan ke Bandara Moses Kilangin di Timika. Sementara Agung pekerja pembangunan tower jaringan BTS Palapa Ring di Distrik Ilaga Utara sempat terkejut.

"Saat itu helikopter telah mendistribusikan logistik bahan makanan. Mereka akhirnya melaporkan kejadian itu ke Mapolsek Ilaga," Ary menjelaskan.

Kabid Humas Polda Papua Kombes AM Kamal mengatakan, Polda telah menerjunkan personel gabungan untuk menyelidiki. Polisi menduga pelaku penembakan adalah KKB pimpinan Lekakak Telenggen yang bersembunyi di Kampung Olenki.

”Saat ini, tim gabungan TNI dan Polri masih mengejar para pelaku di Olenki. Tindakan para pelaku telah mengganggu aktivitas pembangunan di Kabupaten Puncak,” ujar AM Kamal. (imo)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top