Jember

Demi Menolong Rekan, Polisi Hutan Tembak Mati Pembalak Liar

publicanews - berita politik & hukum
PUBLICANEWS, Surabaya - Polisi khusus hutan (polsushut) DS menembak mati pelaku pembalakan liar AR di Taman Nasional Meru Betiri (TNMB), Jember, Jawa Timur, beberapa waktu lalu. Kasusnya kini ditangani Polda Jatim.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Frans Barung Mangera mengatakan, polisi telah menyita senjata api milik DS guna penyelidikan, sedangkan DS masih berstatus terperiksa dan tidak ditahan.

"Kita melihat ada tiga alasan kenapa yang bersangkutan tidak ditahan. Pertama DS adalah PNS yang tidak akan melarikan diri," ujar Barung kepada wartawan di kantornya, Rabu (9/10).

Kedua, senjata api DS sudah disita sehingga ia tidak akan mengulangi perbuatannya. Alasan lainnya yakni DS bersikap kooperatif tidak menghilangkan barang bukti.

Barung menjelaskan, DS tengah sakit sehingga menjadi pertimbangan penyidik tidak menahan pelaku. Namun pemeriksaan tetap dilakukan sampai membuktikan secara formil.

Motif DS, kata Barung, menyelamatkan rekannya yang hampir dibacok AR karena tertangkap tangan membalak liar. DS pun terpaksa mengeluarkan tembakan dan mengenai AR.

"Kalau tidak dilakukan penembakan dikhawatirkan terjadi sesuatu, sehingga dengan kewenangan yang ada di areal hutan itu dilakukan penembakan," ujarnya.

Direktur Kawasan Konservasi Ditjen Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Dyah Murtiningsih membenarkan kejadian tersebut.

DS dan rekannya tengah berpatroli dan melihat dua orang sedang melakukan tindakan ilegal. Rekan DS menghampiri kedua pelaku dan terjadi perlawanan. DS menolong rekannya melepas tembakan peringatan ke udara. Namun AR melawan sehingga DS melumpuhkan AR.

"Saat kejadian itu, ada memang tangkap tangan oleh petugas kita, dan semua (penembakan) sudah sesuai prosedur. Si pelaku illegal logging ini dia melawan petugas," ujar Dyah di tempat terpisah. (imo)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top