Penghasutan

Berstatus DPO, Veronica Koman Keluar dari Persembunyian?

publicanews - berita politik & hukumVeronica Koman. (Foto: Twitter/@VeronicaKoman)
PUBLICANEWS, Surabaya - Tersangka penghasutan kerusuhan Papua Veronica Koman mangkir dari pemanggilan kedua Polda Jawa Timur, Rabu (18/9). Kepolisian pun memasukkannya dalam daftar pencarian orang (DPO) atau buron.

Kapolda Jatim Irjen Luki Hermawan mengatakan, aktivis HAM masyarakat Papua itu sudah tidak kooperatif terhadap proses penyelidikan penyebaran hoaks dan provokasi Papua.

"Kami sudah berupaya paksa dari pihak penyidik mencari ke rumah yang di Jakarta dan melakukan penggeledahan, namun (Veronica) tidak ada," ujar Luki kepada wartawan di Mapolda Jatim, Surabaya, Jumat (20/9).

Status DPO, kata Luki, tetap berlaku hingga Veronica ditemukan. Polda Jatim telah berkordinasi dengan Interpol yang berada di Australia.

Oleh karena itu, Polda Jatim meminta masyarakat melapor apabila melihat pengacara Aliansi Mahasiswa Papua (AMP) itu. "Segera disampaikan agar penyidik segera menangkap atau upaya paksa. Setelah DPO akan ditindaklanjuti dengan red notice," ujarnya.

Permintaan 'catatan merah' kepada Interpol tersebut akan membatasi pergerakan Veronica. nterpol bahkan sudah mengkonfirmasi tengah melakukan pencarian.

Selain dengan Interpol, Polda Jatim juga meminta bantuan Kedutaan Besar RI di Australia. Kabarnya, Veronica mulai keluar dari persembunyiannya lewat pesan yang diterima KBRI.

"Melalui Hubinter (Polri) Saya mendapat kabar, Veronica sudah ada komunikasi langsung dengan pihak KBRI. Isi komunikasinya kami tidak tahu, tapi sudah ada komunikasi," Luki menjelaskan.

Ia menegaskan, meskipun Veronica di Negeri Kanguru hal itu tidak menyulitkan jajarannya mengusut kasus ujaran kebencian yang memicu kecamuk di berbagai daerah.

"Nanti akan dirapatkan surat permohonan (red notice) dari kami. Siapapun yang melanggar hukum harus ditindak tegas,"kata Luki.

Polisi menjerat Veronica dengan UU ITE, KUHP pasal 160, UU Nomor 1 Tahun 1946, dan UU Nomor 40 Tahun 2008. Veronica diduga menetap di Australia bersama suaminya yang asli warga sana. (imo)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top