Mamuju

Sekolah Terbakar Gara-gara Siswa Bakar Sampah

publicanews - berita politik & hukumKasat Reskrim Polres Mamuju AKP Syamsuriansah. (Foto: sulbaronline.com)
PUBLICANEWS, Mamuju - Jab, siswa Madrasah Tsanawiyah di Mamuju, Sulawesi Barat, harus bertanggung jawab karena telah membakar beberapa bangunan sekolahnya, Senin (16/9) pagi. Setidaknya gedung laboratorium bahasa dan komputer ludes terbakar.

Akibat kebakaran tersebut kegiatan belajar mengajar dihentikan sementara untuk membantu memadamkan api.

"Awalnya siswa iseng membakar sampah kertas di tumpukan kayu di sebelah sekolah. Kemudian api menyambar ke bangunan sekolah," kata Kasat Reskrim Polres Mamuju AKP Syamsuriansah kepada wartawan di kantornya.

Peristiwa sekitar pukul 07.30 WIB itu membuat panik warga sekitar, siswa, dan para guru di sekolah. Murid-murid yang baru datang langsung membantu menyelamatkan barang-barang yang tidak terbakar.

Sejumlah komputer dan dokumen-dokumen penting lainnya dari kedua ruang laboratorium ke tempat aman. "Siswa dan warga sampai berbondong-bondong memadamkan menggunakan ember dari saluran air dekat sekolah," ujar Syamsuriansah.

Api terus membesar karena anging bertiup kencang. Api baru bisa dipadamkan sekitar 30 menit setelah mobil pemadam kebakaran datang.

Syamsuriansah memastikan penyebab kebakaran karena human error. Jab diamankan ke Mapolres Mamuju guna dimintai keterangan. Penyebab sementara karena unsur ketidaksengajaan.

"Kebakaran ini diduga karena ulah siswa yang membakar sampah hingga api menjalar dan membakar dua unit laboratorium di lokasi,” Syamsuriansah menjelaskan.

Beruntung tidak ada korban jiwa. Kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah. (imo)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top